Fatkhatus Solikhah, 201786010013 (2021) MENUMBUHKAN KECAKAPAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN TAQROR DAN SOROGAN DI ASRAMA I PONDOK PESANTREN NGALAH SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201786010013_BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201786010013_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201786010013_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201786010013_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201786010013_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201786010013_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010013_COVER DEPAN.pdf Download (886kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
Abstract
rogan. Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan adalah salah dari sekian pesantren di Pasuruan, Pondok Pesantren Ngalah yang terdiri dari beberapa Asrama, salah satunya Asrama I, Asrama yang memiliki program khusus pengajian kitab kuning sejak tahun 2020. Model atau metode pengajaran yang digunakan adalah metode sorogan dan taqror yang mana hal ini tidak begitu efektif dalam menumbuhkan kecakapan sosial religius para santri, terutama dalam hal berkomunikasi yang baik. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui cara menumbuhkan kecakapan sosial melalui kegiatan Taqror dan Sorogan di Asrama I dan kendala dalam menumbuhkan kecakapan sosial dalamkegiatan Taqror dan Sorogan di Asrama I. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara menumbuhkan kecakapan sosial melalui kegiatan Taqror dan Sorogan di Asrama I melalui beberapa hal yakni: jangan hanya fokus pada diri sendiri, mendengarkan dengan baik, perhatikan nada dan bahasa tubuh, bersikap jujur dan terbuka, perhatikan nada dan bahasa tubuh, bersikap jujur dan terbuka, bersikap mendukung, dan jangan memberi nasihat tanpa diminta. Sedangkan kendala dalam menumbuhkan kecakapan sosial melalui kegiatan Taqror dan Sorogan adalah: menimbulkan kesalah pahaman, memberikan kesan yang negatif, menimbulkan kesalahan informasi, merenggangkan hubungan sosial, memicu timbulnya konflik berkepanjangan
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.77 SOL M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2021 14:41 | ||||||
Last Modified: | 10 May 2023 03:40 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1582 |
Actions (login required)
View Item |