PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRYLEARNING TERHADAP HASIL BELAJARPAI SISWAKELAS VIII DI SMPN 02 PURWOSARI

Laili Maslukha, 201786010063 (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRYLEARNING TERHADAP HASIL BELAJARPAI SISWAKELAS VIII DI SMPN 02 PURWOSARI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010063_BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010063_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010063_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010063_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010063_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010063_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010063_COVER DEPAN.pdf

Download (619kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010063_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

skripsi ini membahas tentang “ pengaruh strategi pembelajaran inquiry LEARNING pada pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa SMPN 02 Purwosari. submasalah 1.Bagaimana Penerapan Strategi pembelajaran inquiry LEARNING pada pelajaran PAI di SMPN 02 Purwosari? 2.Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran inquiry LEARNING terhadap hasil belajar PAI siswa SMPN 02 Purwosari?. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran inquiry LEARNING terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII C SMPN 02 Purwosari. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik. jenis penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 02 purwosari yang berjumlah 213 siswa. sampel yang diambil adalah 15% dari populasi yaitu kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling.Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik regresi sederhana. Hasil analisis statistik deskriptif skor rata-rata dari variabel X tentang penerapan strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran PAI adalah 79kategori sangat tinggi karena berada dalam interval (78-83). Hal ini berartipenerapan strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran PAI termasuk dalamkualifikasi sangat tinggi. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh skor rata-rata (mean) dari variabelY tentang hasil belajar PAI siswa SMPN 02 Purwosari adalah 82 dengankategori sangat tinggi karena berada dalam interval (82-89). Hal ini berarti rata-ratahasil belajar PAI siswa SMPN02 Purwosari termasuk dalam kualifikasisangat tinggi. Melalui uji hipotesis diperoleh persamaan regresi sederhana Y= a + bX = 2,55 + 0,984 (96)=2,55 + 94,464= 97,014 digunakan untuk melakukan prediksi terhadap nilai dalam variabel. Jadi nilai penerapan strategi pembelajaran Inquirypada pembelajaran PAI menjadi 97,014 jika nilai hasil belajar PAI dinaikkan menjadi 96. Persamaan regresi sederhana ini diartikan bahwa agar peningkatan X sebesar 1, maka nilai rata-rata Y harus dinaikkan sebesar 96 : 97,014 = 0, dibulatkan menjadi 0,949 sehingga 1 > 0,949 yang berarti penerapan strategi pembelajaran Inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa SMPN 02 Purwosari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MAS P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAchmat Mubarok., S.PdI.,M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 12 Nov 2021 14:40
Last Modified: 05 Jun 2023 01:35
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item View Item