Efektivitas Implementasi Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2017 Tentang Pusat Strategi dan Layanan Ekonomi Maslahat (STRYA EMAS) (studi kasus pada wilayah pelayanan Purwosari Kabupaten Pasuruan)

Nur Chumairo, 201769080025 (2021) Efektivitas Implementasi Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2017 Tentang Pusat Strategi dan Layanan Ekonomi Maslahat (STRYA EMAS) (studi kasus pada wilayah pelayanan Purwosari Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201769080025_BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201769080025_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201769080025_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201769080025_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201769080025_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201769080025_COVER DEPAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201769080025_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf)
201769080025_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (433kB)

Abstract

Pusat Strategi dan Pelayanan Ekonomi Maslahat ( SATRYA EMAS ) adalah program yang merupakan pengembangan konsep Business Development Services (BDS) atau yang lebih dikenal dengan Klinik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kebijkan ini diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 52 Tahun 2017. Kemudian, kebijakan ini dibagi menjadi 6 wilayah pelayanan yang kemudian salah satunya adalah wilayah pelayanan Purwosari kecamatan Purwosari dimana kebijakan ini digunakan oleh para pelaku UMKM sebagai kesempatan untuk pengembangan diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang efektivitas implementasi tentang kebijakan SATRYA EMAS dengan menggunakan indikator efektivitas implementasi yang disampaikan oleh Sanford dan Stephanie, dimana efektivitas implementasi diukur pada hasil kualitas proses dan hasil akhir pada perubahan dalam operas sistem serta perubahan dalam grup target. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pendamping wilayah pelayanan Purwosari , para peserta UMKM yang berjumlah dua orang yakni ketua himpunan UMKM, serta pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang bengkel las besi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagaimana efektivitas implementasi pada indikator efektifitas yang disampaikan oleh Sanfort dan Moulton memiliki hasil yang cukup beragam dimana pada kualitas proses pada perubahan sistem dan perubahan grup target berjalan efektif dengan dijalankan sesuai dengan apa yang diharapkan sedang hasil akhir pada perubahan sistem dan perubahan target tidak berjalan dengan efektif dikarenakan adanya kendala dalam menjalankan indikator yang mengarah pada efektivias implementasi yang disampaikan oleh Sanfort & Moulton . Hal ini juga tidak lepas dari faktor penghambat dan pendukung yang dalam hal ini mengaca pada indikator yang disampaikan oleh Tjiptono dalam Hardiansyah ( 2011 : 185).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 320.6072 CHU E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Hambali, S.pd., M.Si., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Administrasi Publik
Date Deposited: 01 Nov 2021 09:28
Last Modified: 03 Jul 2023 01:47
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item