IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH) TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN FIQIH DI MA MA’ARIF SUKOREJO

Syimah Adhibiyyah, 201786010066 (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH) TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN FIQIH DI MA MA’ARIF SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010066_BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010066_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010066_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010066_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010066_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010066_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010066_COVER DEPAN.pdf

Download (485kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010066_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Fokus Penelitian 1) Bagaimana Implementasi Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap pretasi pembelajaran fiqih di tingkat MA? 2) Bagaimanakah hasil belajar dari Implementasi Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap pretasi pembelajaran fiqih tingkat MA? 3)Bagaimana kendala dan solusi yang diberikan untuk mengatasi dalam Implementasi Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap pretasi pembelajaran fiqih di tingkatMA? Tujuan Penelitian 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Penggunaan Model Problem Based Learning pada pembelajaran fiqih di tingkat MA.2) Untuk mengetahui hasil belajar dari Implementasi Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap pretasi pembelajaran fiqihdi tingkat MA. Untuk mendeskripsikan kendala dan solusi yang diberikan dalam Implementasi Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Pembelajaran fiqih ditingkat MA. Jenis Penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi, baik berupa hasil wawancara, observasi dan telah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan variabel penelitian. Hasil Penelitian : 1) Perencanaan di MA Ma’arif Sukorejo, guru-guru membuat perencanaan tentang Metode Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) Terhadap prestasi Pembelajaran Fiqih pada siswa yang mengacu pada teoritaksonomi bloom yang mengandung tiga ranah yaitu: ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik dengan metode PBM dengan menggunakan tabel pembelajaran yang mengandung tiga ranah tersebut.2) Implementasi Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) Terhdap prestasi Pembelajaran Fiqih pada siswa melaksanakan proses belajar mengajar mengacu dengan teori taksonomi bloom dengan baik. Hal ini termasuk dalam proses belajar mengajarnya meliputi tiga ranah yaitu, kognitif meliputi mengingat (remember), memahami atau mengerti (understand), menerapkan (apply), mengevaluasi (evaluate), menerima atau memperhatikan (receiving atauattending), menanggapi (responding), menilai atau menanggapi (valuing). Pada proses evaluasi PBM, dalam proses belajarnya aktivitas siswa sudah meliputi tiga ranah dalam member penilaian sebagai bahan evaluasi terhadap siswa.3) Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) Terhdap prestasi Pembelajaran Fiqih di MA Ma’arif Sukorejo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ADH I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAli Muhtarom, S.Pd. M.Pd., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 27 Sep 2021 09:37
Last Modified: 05 Jun 2023 01:18
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item