PENERAPAN BI’AH LUGHAWIYAH DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH ASH-SHIDDIQY LAWANG

Abdul Rohman Wahid, 201786020003 (2021) PENERAPAN BI’AH LUGHAWIYAH DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH ASH-SHIDDIQY LAWANG. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020003_BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020003_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020003_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020003_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020003_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020003_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020003_COVER DEPAN.pdf

Download (993kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Ash-Shiddiqy Lawang Malang mengikuti kurikulum Madrasah Tsanawiyah yang ditetapkan oleh Departemen Agama Republik Indonesia. Sejak tahun 2015 madrasah ini memakai kurikulum yang bertumpu pada keaktifan siswa yang sekarang disebut dengan K-13 .mayoritas siswa siswinya tinggal di pesantren yang di pesantren itu ada pelajran bahasa arab dan siswa siswi disana faham dengan ungkapan-ungkapan bahasa arab akan tetapi berdasarkan pengamatan peneliti mereka tidak dapat berbicara bahasa arab secara komunikatif, padahal mayoritas tinggal di pesantren. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan penerapan biah Lughawiyah dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui cara implementasi Penerapan bi’ah lughawiyah di dalam pengajaran keterampilan berbicara, dan juga untukmengetahuisejauh mana efektifitaspenerapanbiahlughawiyah di dalampengajaranketerampilanberbicara. Hasil penelitian ini adalah: bahwasannya proses belajar mengajar dengan Penerapan bi’ah lughawiyah mempunyai efektifitas di dalam peningkatan keterampilan berbahasa berbicara, dan tingkat keberhasil pada pada penelitian ini cukup tinggi dan baik sekali dan mereka pun senang dengan penerapan bi’ah lughawiyah ini. Adapun saran­saran penelitian bagi MadrasahTsanawiyah Ash-Shiddiqy Lawang dan guru-guru bahasa arabnya adalah : a) hendaknya selalu memantau dan mempelajari situasi dan kondisi kelas dan lingkungan sekolah. b) menyiapkan materi­materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan­tujuan dan lingkungan pengajaran. c) lebih memberdayakan para siswa di dalam pengajaran dengan mengembangkan kemampuan para guru di dalam berbagai metode pengajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 892.7 WAH P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Nur Rokhmatulloh, M.Si., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 14 Aug 2021 10:31
Last Modified: 15 Aug 2023 05:05
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item