Peran Guru dalam Mengimplementasikan Ayat-ayat Multikultural pada Pembelajaran al-Qur’an dan Hadis (Studi Kasus Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah Mojogeneng Mojokerto)

Mahdi Kavin Abdah, 201986130008 (2021) Peran Guru dalam Mengimplementasikan Ayat-ayat Multikultural pada Pembelajaran al-Qur’an dan Hadis (Studi Kasus Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah Mojogeneng Mojokerto). Magister thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201986130008_BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201986130008_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201986130008_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201986130008_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201986130008_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201986130008_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201986130008_COVER DEPAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201986130008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

Sebagai sebuah dasar pendidikan Islam maka al-Qur‟an dan Hadis sangat banyak bercerita mengenai multikultural, lembaga pendidikan menjadi sebuah wadah dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural, karena di dalamnya terdiri dari beberapa pendidik yang memiliki keberagaman begitu juga dengan keragaman peserta didiknya. Konsekuensinya, selain diperlukan guru- guru yang mampu mengintegrasikan wawasan multikultural, juga diperlukan buku-buku teks yang memiliki pesan-pesan multikultural pada setiap bidang atau mata pelajaran di sekolah. Mengingat peserta didik di MA Bidayatul Hidayah adalah siswa-siswi yang mayoritas penghafal al-Qur‟an, dimungkinkan bahwa seorang guru mata pelajaran al-Qur‟an dan Hadis di MA Bidayatul Hidayah nantintya harus mampu menanamkan pada diri peserta didik bahwa banyak ayat- ayat multikultural yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti tentang; (1) bagaimana ayat-ayat multikultural dalam buku mata pelajaran al-Qur‟an dan Hadis di MA Bidayatul Hidayah, (2) bagaiamana peran guru dalam mengimplementasikan ayat-ayat multikultural tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara empiris mengenai Peran Guru dalam Mengimplementasikan Ayat-ayat Multikultural pada Pembelajaran al-Qur‟an dan Hadis khususnya di Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah Mojogeneng Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan teori creswell. Selanjutnya peneliti mengecek keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, ayat-ayat multikultural dalam buku mata pelajaran al-Qur‟an dan Hadis terdapat pada kelas XI dan kelas XII, ditemukan 8 ayat multikultural didalamnya, yakni: (1) Q.S. al-Kafirun: 1-6, (2) Q.S. Yunus: 40-41, (3) Q.S. al-Kahfi: 29, (4) Q.S. al-Hujurat: 13, (5) Q.S. al- Isra: 26-27, (6) Q.S. al-Baqarah: 177, (7) Q.S. al-Maidah: 8-10, dan (8) Q.S. an- Nisa: 105. Kedua, peran guru dalam mengimpelementasikan ayat-ayat multikultural tersebut tidak lepas dari 4 kompetensi guru pada UU; (1) kompetensi pedagogik, meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran guru, (2) kompetensi kepribadian, uswah yang dilakukan oleh guru, (3) kompetensi profesional, penguasaan materi guru, dan (4) kompetensi sosial. komunikasi guru.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 370.117 ABD P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuki, S. PdI, M.Ag., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2)
Date Deposited: 04 Nov 2021 12:09
Last Modified: 09 Aug 2023 08:16
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item