MODEL KOMUNIKASI PENGAJARAN MONOLOGIS DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN (KRITIK BANKING PEDAGOGY PAULO FREIRE)

Nur Cholis, 201369090009 (2018) MODEL KOMUNIKASI PENGAJARAN MONOLOGIS DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI PASURUAN (KRITIK BANKING PEDAGOGY PAULO FREIRE). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (Cover dan halaman i-xii.pdf)
Cover dan halaman i-xii.pdf

Download (532kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Pembelajaran kitab kuning merupakan metode pembelajaran yang diberlakukan di madrasah diniyah pondok pesantren pada umumnya. Di Madrasah Diniyah pondok pesantren Ngalah pembelajaran kitab kuning memakai model komunikasi satu arah, yang mana dalam teori komunikasi interpersonal model komunikasi satu arah (one step flow of communication) adalah model komuikasi yang jauh dari efektifitas berkomunikasi, Paulo Freire menyebutnya dengan banking pedagogy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model komunikasi monologis dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah ponpes ngalah dengan konsep komunikasi dialogis sebagai alte ative model pembelajarannya. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Ngalah dengan informan dalam penelitian ini adalah Santri selaku peserta didik dan Ustadz sebagai pendidik yang memang sama-sama berperan terhadap proses analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks komunikator, ustadz sebagai akto ya menjadikan model komunikasi yang dominan dalam proses pembelajaran. Pesan yang di sampaikan adalah dengan bahasa jawa yang menyesuaikan dengan bagaimana masing-masing personal komunikator. Dalam konteks komunikan, santri sebagai peserta didik menjadi pasif di setiap proses pembelajaran berlangsung, sehingga proses belajar-mengajar Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ngalah cenderung kurang memperoleh hasil dalam segi kogntif, afektif dan prikomotorik. Semua ini berlangsung dengan komunikasi banking pedagogy yang di kembangkan oleh Paulo Freire, sebagai sebuah ALTERNATIF pembelajaran di pondok pesantren ngalah. Kata Kunci: Komunikasi Pembelajaran, Kitab Kuning, Ponpes ngalah, Madrasah Diniyah, Banking pedagogy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 CHO M
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainul Ahwan, S.Sos., M.I.Kom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 09 Aug 2018 13:11
Last Modified: 15 Aug 2023 04:59
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item