Penggunaan Media Matching Card Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Pandaan

Rosidatul Ula, 201486010013 (2018) Penggunaan Media Matching Card Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Pandaan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (686kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Berbicara pendidikan merupakan usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia melalui kegiatan pengajaran. Pendidikan tidak bisa terlepas dari peran seorang pendidik, pengalaman guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar masih menerapkan metode atau strategi pembelajaran yang monoton dan hanya berpusat pada guru, dengan begitu seorang pendidik perlu menerapkan pembelajaran yang mengaktifkan, salah satunya dengan menggunakan media matching card. Media Matching Card adalah media mencari pasangan kartu dimana siswa berusaha mencari pasangan antara kartu yang berisi unsur soal-soal dengan kartu yang berisi unsur jawaban. Untuk mengetahui masalah tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apakah Penggunaan Media Matching Card Pada Mata Pelajaran PAI Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Pandaan? Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang pendekatannya secara experimen dengan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data selama dilapangan karena analisis data lebih difokuskan selama proses dilapangan bersamaan pengumpulan data. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: penggunaan media matching card di SMA Negeri 1 Pandaan kelas XI IPA 6 dilakukan oleh guru dengan tiga langkah yaitu: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, hal ini sangat baik karena dengan penggunaan media tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media matching card tersebut sangat efektif, hal ini bisa dilihat kondisi proses pembelajaran serta hasil evaluasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media matching card. Sebelum penggunaan media, sistem pembelajaran yang digunakan hanya berpusat pada guru. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata-rata kelas XI IPA 6 sebelum penggunaan media Matching Card yaitu 78,17, sedangkan sesudah penggunaan media matching card hasil evaluasi peserta didik mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 87,50 dengan peserta didik berjumlah 30 orang (100%) sudah mencapai kriteria ketuntasan belajar individu. Dengan penggunaan Media matching card ini digunakan dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pendidik dengan peserta didik dalam proses pembelajaran disekolah. setelah mengetahui keefektifan dalam menggunakan media ada beberapa kelebihan dari penggunaan media matching card ini peserta didik lebih aktif dalam belajar dan aktif dalam interaksi antara peserta didik dengan pendidik, dengan lebih aktif tersebut peserta didik akan giat dalam belajar. Peserta didik juga dapat mengingat mata pelajaran dengan baik dan benar. Kelemahan dari penggunaan media matching card ini adalah peserta didik kurang terkondisikan jika terlalu banyak jumlah peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ULA P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Ali Mohtarom, S.Ag, M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 12 Aug 2018 08:23
Last Modified: 02 Mar 2022 06:24
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item