Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games tournaments Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Miftahul Ulum Puntir

Faiqotul Himmah Hafaz, 201486010024 (2018) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games tournaments Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Miftahul Ulum Puntir. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1.Coverdaftarisi.pdf)
1.Coverdaftarisi.pdf

Download (817kB)
[img] Text (2. BAB I.pdf)
2. BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text (3.BAB II.pdf)
3.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (4. BAB III.pdf)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (5.BAB IV.pdf)
5.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (6.BAB V.pdf)
6.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (7.BAB VI.pdf)
7.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text (8.DAFTAR PUSTAKA.pdf)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)

Abstract

Dalam pembelajaran sekarang ini ditemukan berbagai kendala dalam pendidikan, kebanyakan siswa memiliki pengetahuan kognitif yang cukup baik tetapi mereka kurang mampu menerapkan pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dalam kehidupan yang nyata atau masalah yang mereka hadapi. Pengetahuan yang mereka terima dari sekolah hanya merupakan informasi dari guru berupa fakta, konsep, maupun teori, disisi lain mereka tidak dilatihkan untuk menemukan sendiri informasi atau pengetahuan, sehingga pengetahuan tersebut tidaklah bermakna bagi mereka. Untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana implementasi model pembelajaran strategi Teams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Puntir? 2. Bagaimana hasil implementasi model pembelajaran strategiTeams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Puntir? 3. Apa faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi model pembelajaran strategi Teams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Puntir?. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dimana data penelitian dikumpulkan melalui pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis meneliti secara langsung bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments pada mata pelajaran Fiqih. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran siswa harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan kondisi siswa sebagai subjek dalam pembelajaran (kelompok atau individual). Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT). 2)Hasil peneliti dari penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments yakni dapat menumbuhkan kreativitas siswa dan melatih siswa agar lebih bisa berkomunikasi dengan teman sebaya meskipun belum cocok untuk dapat meningkat hasil belajar siswa. 3) Dalam menerapkan model Strategi Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments peneliti menemukan beberapa hambatan yaitu : sulitnya mengelompokkan siswa yang mempunyai kemampuan heterogen dari segi akademis, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Adapun faktor pendukung yang ditemukan peneliti adalah melibatkan siswa dengan keaktifan siswa selama pembelajaran, siswa bisa lebih bersosialisasi dengan sesama, motivasi belajar siswa lebih tinggi, dan juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HAF I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. M. Anang Sholikhudin, S.PdI,M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 19 Dec 2018 10:37
Last Modified: 02 Mar 2022 06:24
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item