Faiqotul Himmah Hafaz, 201486010024 (2018) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games tournaments Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Miftahul Ulum Puntir. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (1.Coverdaftarisi.pdf)
1.Coverdaftarisi.pdf Download (817kB) |
|
Text (2. BAB I.pdf)
2. BAB I.pdf Download (142kB) |
|
Text (3.BAB II.pdf)
3.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text (4. BAB III.pdf)
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (5.BAB IV.pdf)
5.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (6.BAB V.pdf)
6.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (7.BAB VI.pdf)
7.BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) | Request a copy |
|
Text (8.DAFTAR PUSTAKA.pdf)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran sekarang ini ditemukan berbagai kendala dalam pendidikan, kebanyakan siswa memiliki pengetahuan kognitif yang cukup baik tetapi mereka kurang mampu menerapkan pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dalam kehidupan yang nyata atau masalah yang mereka hadapi. Pengetahuan yang mereka terima dari sekolah hanya merupakan informasi dari guru berupa fakta, konsep, maupun teori, disisi lain mereka tidak dilatihkan untuk menemukan sendiri informasi atau pengetahuan, sehingga pengetahuan tersebut tidaklah bermakna bagi mereka. Untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana implementasi model pembelajaran strategi Teams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Puntir? 2. Bagaimana hasil implementasi model pembelajaran strategiTeams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Puntir? 3. Apa faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi model pembelajaran strategi Teams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Puntir?. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dimana data penelitian dikumpulkan melalui pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis meneliti secara langsung bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments pada mata pelajaran Fiqih. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran siswa harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan kondisi siswa sebagai subjek dalam pembelajaran (kelompok atau individual). Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments (TGT). 2)Hasil peneliti dari penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments yakni dapat menumbuhkan kreativitas siswa dan melatih siswa agar lebih bisa berkomunikasi dengan teman sebaya meskipun belum cocok untuk dapat meningkat hasil belajar siswa. 3) Dalam menerapkan model Strategi Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments peneliti menemukan beberapa hambatan yaitu : sulitnya mengelompokkan siswa yang mempunyai kemampuan heterogen dari segi akademis, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Adapun faktor pendukung yang ditemukan peneliti adalah melibatkan siswa dengan keaktifan siswa selama pembelajaran, siswa bisa lebih bersosialisasi dengan sesama, motivasi belajar siswa lebih tinggi, dan juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 HAF I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2018 10:37 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:24 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
View Item |