Agus Idrus Hasni, 201486010049 (2018) Implementasi Metode Two Stay Two Sray dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X-IPA di SMA 45 Purwodadi. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (bab I.pdf)
bab I.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf Download (386kB) |
|
Text (halaman sampul.pdf)
halaman sampul.pdf Download (418kB) |
Abstract
Implementasi merupakan penerapan cara ataupun metode yanag diterapkan. Implementasi bertujuan agar pembelajaran lebih efektif dan tidak ada siswa yang malas belajar. Salah satunya metode Two Stay Two Stray, metode ini adalah metode yang efektif dan bisa diterapkan disemua mata pelajaran termasuk Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran perlu adanya metode yang efektif karena akan menjadikan tingkat belajar yang berhsil. Efektifitas merupakan unsur pokok untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditentukan di dalam setiap organisasi, kegiatan atau program disebut efektif apabila tercapai tujuan ataupun sasaran seperti yang telah ditentukan. Jadi pembelajaran yang efektif merupakan pembelajaran apabila hasil dari belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Dari focus peneltian di atas peneliti bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Two Stay Two stray, efektifitas penggunaannya serta hasil belajar setelah dan sesudah menggunakan metode Two Stay Two Stray di kelas X-IPA SMA 45 Purwodadi serta kelemahan dan kelebihan metode Two Stay Two Stray. Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.Metode kualitatif merupakan metode yang menghasilkan data-data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Maka dari data di atas penulis menganalisis data dengan menggunakan: Reduksi data merupakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray yang kedua penyajian data, dalam hal ini peneliti menyajikan data-data yang berupa dokumen terlampir seperti data pembelajaran penggunaan metode Two Stay Two Stray dan table yang berupa hasil belajar sesudah dan sebelum menggunakan metode Two Stay Two Stray dan langkah selanjutnya yaitu verifikasi data yang merupakan kesimpulanawal yangdikemukakanmasihbersifatsementara,danakanberubahbilatidakditemukanbukti-buktikuat yang mendukungpadatahappengumpulandata berikutnya. Langkah-langkah metode Two Stay Two StrayDua orang dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya untuk bertamu ke kelompok lain, dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerjadan informasi mereka kepada tamu dari kelompok lain. Adapun kelebihan dan kekuranngan dari metode Two Stay Two Stray adalah sebagai berikut; Memupuk rasa tanggung jawab siswa, memupuk rasa keerjasama diantara siswa, lebih banyak ide muncul, pendidik mudah memonitor. Adapun untuk kekurangan metode Two Stay Two Stray adalah sebagai berikut; Pengkondisiian siswa yang sulit saat perpindahan kelompok dalam diskusisehingga membuat kelas menjadi gaduh, terdapat siswa yang terkesan diam dan sulit bekerjasama dengan kelompoknya, dan terdapat siswa yang malu-malu mengeluarkan pendapat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 HAS I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2018 13:02 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:24 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/247 |
Actions (login required)
View Item |