Ninuk Rodiyah, 201486010101 (2018) Penerapan Media Limbah Kantong Plastik untuk Meningkatkan Baca Tulis Huruf Abjad di TK Minhajut Thullab Jambe Baujeng Beji. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) | Request a copy |
|
Text (Cover.pdf)
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (Daftar Pustaka 2.pdf)
Daftar Pustaka 2.pdf Download (159kB) |
Abstract
Media adalah suatu alat pembantu secara efektif yang dapat digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dengan cara memanfaatkan media dengan baik, maka seorang pendidik akan menemukan tujuan pengajaran yang diinginkan yakni ketika peserta didik sudah mampu dalam pembelajaran baca tulis huruf abjad, maka media berfungsi untuk membantu tujuan yang diinginkan tersebut, dan dari beberapa media yang ada, hanya satu media pembelajaran yakni media limbah kantong plastik. Oleh karena itu, Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut:1. Bagaimana penerapan media limbah kantong plastik dalam pembelajaran baca tulis huruf abjad di TK Minhajut Thullab Jambe. 2. Bagaimana Kelemahan dan kelebihan media limbah kantong plastik. Maka dari dasar focus penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui penerapan media limbah kantong plastik dalam pembelajaran baca tulis huruf abjad di TK Minhajut Thullab Jambe 2. Mengetahui Kelemahan dan kelebihan media limbah kantong plastik. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang mana dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara teknik trianggulasi data yang mempunyai tiga macam teknik yakni sumber, metode, dan teori. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka ditemukan hasil yang menyatakan bahwa, penerapan media limbah kantong plastik ini dapat dijadikan suatu upaya dalam pembelajaran baca tulis huruf abjad, yang mana dari pembelajaran tersebut anak-anak mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari antusias anak-anak dan respon anak-anak ketika pembelajaran baca tulis huruf abjad. Selain itu dapat juga dilihat dari nilai anak-anak yang meningkat pada saat melakukan evaluasi mingguan. Sedangkan kelemahan media kantong plastik ini dapat dilihat dari penggunaan media ini apabila guru tidak bisa mngendalikan suasana di dalam kelas maka pembelajaran baca tulis huruf abjad kurang maksimal.proses penyusunan yang sangat lama, dan bentuk dari media ini kurang besar, kelebihan media ini dapat di lihat dari keaktifan belajar anak dan nilai anak-anak meningkat, dan mendidik anak-anak tentang kebersamaan, kerukunan, dan saling tolong menolong.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 ROD P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 06 Sep 2018 10:28 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:24 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/256 |
Actions (login required)
View Item |