Siti Aisyah, 201486010040 (2018) Implementasi Media Video Interaktif Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'An Dan Al-Hadits Di Mi Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (1cover.pdf)
1cover.pdf Download (821kB) |
|
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
Media Video Interaktif dalam pembelajaran adalah gambar hidup yang merupakan gambar-gambar dalam frame dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup. Sama halnya dengan film, video dapat menggambarkan suatu obyek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai didalam pembelajaran. Berdasarkan pe yataan diatas, peneliti tertarik melakukan penelitian di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari dengan judul “Implementasi Media Video Interaktif Dalam Mata Pelajaran al-Qur'an dan al-Hadits di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan�. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Implementasi media video interaktif dalam mata pelajaran al-Qur'an dan al-Hadits di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? 2. Faktor apa saja yang menjadi mendukung dan menghambat pelaksanaan media video interaktif dalam mata pelajaran al-Qur'an dan al-Hadits di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti dirancang dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field search), dimana data penelitian dikumpulkan melalui pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) dalam implementasi pembelajaran video interaktif di MI Darut Taqwa menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode dan media pembelajarannya cukup fleksibel. Artinya di disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran media Video Interaktif yakni metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode demonstrasi. (2) Faktor Pendukung Implementasi Media Video Interaktif dalam Mata Pelajaran al-Qur'an dan al-Hadits di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan Adalah: media video interaktif memberikan kemudahan pada siswa dalam memahami pelajaran, dengan menggunakan media video interaktif perhatian dan minat siswa sangat efektif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dalam pelaksanaan media video interaktif guru memerlukan waktu dan persiapan matang, sehingga memerlukan waktu yang banyak, terlalu banyak media jika memaksimalkan pembelajaran media video interaktif didalam kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 AIS I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2018 15:29 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:24 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/259 |
Actions (login required)
View Item |