Implementasi Media Video Interaktif Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'An Dan Al-Hadits Di Mi Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan

Siti Aisyah, 201486010040 (2018) Implementasi Media Video Interaktif Dalam Mata Pelajaran Al-Qur'An Dan Al-Hadits Di Mi Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1cover.pdf)
1cover.pdf

Download (821kB)
[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Media Video Interaktif dalam pembelajaran adalah gambar hidup yang merupakan gambar-gambar dalam frame dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup. Sama halnya dengan film, video dapat menggambarkan suatu obyek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai didalam pembelajaran. Berdasarkan pe yataan diatas, peneliti tertarik melakukan penelitian di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari dengan judul “Implementasi Media Video Interaktif Dalam Mata Pelajaran al-Qur'an dan al-Hadits di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan�. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Implementasi media video interaktif dalam mata pelajaran al-Qur'an dan al-Hadits di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? 2. Faktor apa saja yang menjadi mendukung dan menghambat pelaksanaan media video interaktif dalam mata pelajaran al-Qur'an dan al-Hadits di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan? Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti dirancang dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field search), dimana data penelitian dikumpulkan melalui pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) dalam implementasi pembelajaran video interaktif di MI Darut Taqwa menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode dan media pembelajarannya cukup fleksibel. Artinya di disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran media Video Interaktif yakni metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode demonstrasi. (2) Faktor Pendukung Implementasi Media Video Interaktif dalam Mata Pelajaran al-Qur'an dan al-Hadits di MI Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan Adalah: media video interaktif memberikan kemudahan pada siswa dalam memahami pelajaran, dengan menggunakan media video interaktif perhatian dan minat siswa sangat efektif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dalam pelaksanaan media video interaktif guru memerlukan waktu dan persiapan matang, sehingga memerlukan waktu yang banyak, terlalu banyak media jika memaksimalkan pembelajaran media video interaktif didalam kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 AIS I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. M. Anang Sholikhudin, S. PdI., M. PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 09 Aug 2018 15:29
Last Modified: 02 Mar 2022 06:24
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item