INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasuruan

Makhrus, S.Ag (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasuruan. Magister thesis, Universitas Yudharta Pasuruan.

[img] Text
COVER - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lunturnya rasa toleransi dalam menghadapi perbedaan di tengah-tengah masyarakat. Selain itu juga ada indikasi mulai lunturnya nilai-nilai multikulturalisme di kalangan peserta didik, karena kurangnya usaha yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme pada pesrta didik di lingkungan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh guru dalam rangka internalisasi nilai-nilai multikulturalisme, dan hasil dari usaha internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasuruan, mulai bulan Pebruari sampai Juli 2019. Subyek penelitian adalah guru PAI kelas VI, didukung oleh informan yaitu kepala madrasah, waka madrasah dan peserta didik. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai multicultural dalam pembelajaran PAI di kelas VI MIN 2 Pasuruan, menggunakan model pengajaran aktif dan komunikatif dengan metode diskusi dan tanya jawab. Bagian pendukungnya adalah visi dan misi madrasah menyelenggarakan pendidikan tanpa diskriminasi, program-program madrasah mendukung penanaman nilai-nilai multicultural. Selanjutnya guru memberi tugas kepada peserta didik secara berkelompok melalui small group discussion mengenai penerapan PAI. Pada momen ini guru mulai menanamkan nilai-nilai multikultural secara dua arah, karena terjadi interaksi dan diskusi, Selanjutnya guru meminta siswa mempresentasikan hasil resume dan diskusi. Kemudian guru membahas hasil diskusi, merefleksi dan mengambil kesimpulan, agar siswa lebih mendalami nilai-nilai yang telah dipelajari agar terbentuk sikap mental dan kepribadian siswa di luar kelas yang saling menghargai, inklusif, humanis dan toleran, Sehingga telah tampak nilai-nilai multicultural pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Magister)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Munif, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorAhmad Marzuki, Dr.UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Filsafat dan Teori Agama
Divisions: ?? BIKMA ??
Date Deposited: 31 Oct 2020 05:42
Last Modified: 31 Oct 2020 05:42
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item