Pengaruh Penerapan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Aqidah Akhlaq Di Mts Darul Ulum Purwodadi

Nurul Imamah, 201486010012 (2018) Pengaruh Penerapan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Aqidah Akhlaq Di Mts Darul Ulum Purwodadi. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text (cover.pdf)
cover.pdf

Download (569kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

Media VideoScribe adalah media berbentuk video dan layar dasar putih yang bisa digunakan untuk animasi dengan mudah dan sesuai dengan pengguna. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan dalam pembuatan bahan ajar. Namun penerapannya masih banyak guru yang belum dapat memanfaatkannya, bahkan penggunaan metode dan media monoton masih cukup populer di kalangan guru dalam proses pembelajaran. Terlebih lagi dalam pembelajaran agama salah satunya Aqidah Akhlaq. Penggunaan sebuah media berfungsi untuk menyampaikan pesan secara seragam kepada peserta didik. Dalam hal ini untuk menyampaikan sebuah pesan dari seorang pendidik kepada peserta didik diperlukan suatu media. Salah satunya adalah media VideoScribe. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: pertama bagaimana hasil penerapan media VideoScribe untuk meningkatkan pemahaman Aqidah Akhlaq Di MTs Darul Ulum Purwodadi? Kedua bagaimana pengaruh penerapan media VideoScribe untuk meningkatkan pemahaman Aqidah Akhlaq Di MTs Darul Ulum Purwodadi? Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII sejumlah 31 responden. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kuantitatif jenis eksperimen, dimana pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan SPSS 15.0 melalui uji uji Paired Sampel T test. Hasil dari penelitian ini adalah pertama berdasarkan hasil pre test dan post test yang diperoleh oleh peserta didik MTs Darul Ulum Purwodadi kelas VII dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq materi Akhlaq terpuji, nilai peserta didik sebelum penerapan media VideoScribe adalah 15, dan nilai tertinggi adalah 65. Sedangkan nilai terendah sesudah penerapan media VideoScribe adalah 0, dan nilai tertinggi adalah 80. Dan nilai rata-rata diketahui nilai sesudah penerapan lebih besar dari nilai sebelum penerapan (48.06 > 38.06) hal ini menunjukkan post test lebih bagus daripada pre test yang berarti media pembelajaran meningkatkan pemahaman peserta didik. Kedua berdasarkan hasil analisis uji Paired Sampel T Test diperoleh angka signifikansi 0,007 dimana angka signifikansi lebih kecil dari 0, 05 maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penerapan media VideoScribe untuk meningkatkan pemahaman Aqidah Akhlaq Di MTs Darul Ulum Purwodadi diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 IMA P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad Ma’ruf, S.PdI., M.PdI, ㅤUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 13 Aug 2018 07:39
Last Modified: 02 Mar 2022 06:24
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item