Suparno, 201486010066 (2018) Konsep Pendidikan Aswaja Perspektif Prof. Dr. K.H. Said Aqil Sirodj. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (Bab-1-SUPARNO-Revised.pdf)
Bab-1-SUPARNO-Revised.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text (BAB-2-SUPARNO-Revised.pdf)
BAB-2-SUPARNO-Revised.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (Bab-3-SUPARNO-Revised.pdf)
Bab-3-SUPARNO-Revised.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB-4-SUPARNO-Revised.pdf)
BAB-4-SUPARNO-Revised.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
|
Text (BAB-5-SUPARNO-Revised.pdf)
BAB-5-SUPARNO-Revised.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB-6-SUPARNO-Revised.pdf)
BAB-6-SUPARNO-Revised.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (COVER SUPARNO OK.pdf)
COVER SUPARNO OK.pdf Download (469kB) |
Abstract
Mendeskripsikan makna Konsep Pendidikan Aswaja Perspektif Prof. K.H. Dr. Said Aqil Sirodj merupakan pendidikan yang menanamkan nilai-nilai Aswaja yang dimiliki oleh organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui konsep pendidikan aswaja ala Nahdlatul Ulama (NU); (2) Untuk mengetahuikonsep pendidikan aswaja perspektifProf. Dr. K.H. Said Aqil Sirodj. Penelitianini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang objek penelitiannya digali melalui beragam informasi. Teknik pengumpulan data adalah sebagi berikut: (1) Observasi dan (2) Studi Dokumentasi. Data yang terkumpul melalui kedua teknik tersebut di atas kemudian diperiksa keabsahannyadengan pengecekan kredibiltas data dengan menggunakan triangulasi, pengecekan anggota dan diskusi sejawat. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data tersebut dianalisis dengan cara: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut:Pertama, Pendidikan Aswaja diharapkan dapat menciptakan suasana keagamaan di mana saja dan kapan saja; menciptakan pembiasaan ucapan kalimat tayyibah; dan membentuk akhlakul karimah dalam perilaku sehari-hari. Kedua, Pendidikan Aswaja diharapkan dapat mewujudkan rasa harga diri, mengagungkan Allah SWT mencintai orang tua, dan menghormati guru. Ketiga, Pendidikan Aswaja diharapkan dapat mewujudkan semangat belajar, cinta tanah air, dan memuliakan agama. Keempat,Pendidikan Aswaja diharapkan dapat melaksanakan amal saleh dalam kehidupan nyata yang serba ibadah sesuai dengan ajaran aswaja bagi siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah. (2) Konsep Pendidikan Aswaja perspektif Prof. Dr. K.H. Said Aqil Sirodj adalah sebagai berikut: Pertama, Menjadikansebagai metode berpikir keagamaan yang mencakup semua aspek kehidupan yang berdasarkan atas dasar modernisasi, menjaga keseimbangan, dan toleransi. Kedua, Prinsip dasar yang menjadi ciri khas paham Ahlus sunnah wal jama'ah adalah tawassuth, tawazzun wat ta'adul, dan tasamuh,moderat, seimbang dan netral, serta toleran. Ketiga, Orang-orang NU (Warga Nahdliyin) seharusnya terus memacu diri mengkaji Ahlussunah wal Jama'ah dari berbagai aspeknya. Keempat, Orang-orang NU (Warga Nahdliyin) dapat memahami dan memperdalam, menghayati, dan mengejawantahkan warisan ulama al salaf al salih yang berserakan dalam tumpukan kutub al turast.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.77 SUP K | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2018 10:27 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:24 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/261 |
Actions (login required)
View Item |