Luk Ailik Mudrika, 201486010018 (2018) Model Pendidikan Islam Bagi Anak Terlantar (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Metal Rejoso Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN DEPAN-DAFTAR ISI.pdf)
HALAMAN DEPAN-DAFTAR ISI.pdf Download (808kB) |
|
Text (HALAMAN SAMPUL.pdf)
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (17kB) |
Abstract
Model menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari suatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Pendidikan Islam memiliki peran dan fungsi yanng sangat penting untuk pemenuhan iman seseorang khususnya bagi anak-anak. Pengaruh lingkungan dan perkembangan zaman yang mengakibatnya rawannya serta minimnya suatu pendidikan Islam bagi rohaninya. Adanya pendidikan Islam, anak akan mendapatkan suatu pegangan dan pedoman hidup serta bekal iman melalui pendidikan Islam yang didapatkan sejak dini. Melalui model pendidikan Islam yang benar akan menjadikan mereka menjadi anak yang memiliki rasa toleransi yang tinggi, dan memiliki ilmu agama yang cukup untuk bekal kehidupannya. Pondok Pesantren Metal Muslim al-Hidayah sebagai Yayasan LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial) Pondok Metal al-Hidayah menerapkan adanya model pendidikan Islam yang membentuk karakter kepribadian yang baik, dengan memiliki jiwa iman, Islam dan ihsan. Anak terlantar adalah anak yang karena alasan tertentu orang tuanya melalaikan kewajibannya, sehingga tidak terpenuhi kebutuhan dengan wajar baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Bagaimana model pendidikan Islam di Pondok Pesantren Metal Rejoso Pasuruan. (2) Bagaimana nilai-nilai model pendidikan Islam di Pondok Pesantren Metal Rejoso Pasuruan. (3) Bagaimana dampak pendidikan Islam pada anak terlantar di Pondok Pesantren Metal Rejoso Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Sumber data yang di dapat berasal dari data primer dan data sekunder. Analisis data terdiri atas empat tahap yaitu: reduksi data, peragaan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, Model Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Metal ialah sebagai usaha untuk menanamkan iman yang kuat kepada para santri seperti kegiatan shalat berjamaah, shalat sunnah, menghafal al-Qur'an, mengaji al-Qur'an dan kitab-kitab. Nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat adalah iman, Islam dan ihsan. Dampak bagi santri dari model pendidikan ini yaitu santri menjadi faham agama, mempunyai jiwa toleransi, hafal al-Qur'an, dan memiliki jiwa mandiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.77 MUD M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2018 13:09 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:24 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/267 |
Actions (login required)
View Item |