Maulidatur Riza Fauzia, 201486010017 (2018) Implementasi Pembelajaran Model Kooperatif Berbasis Complete Sentence Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Smk PGRI Pandaan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (COVER - DAFTAR ISI.pdf)
COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (503kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
Abstract
Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Complete Sentence merupakan salah satu pembelajaran yang dapat membantu peserta didik membangun keterkaitan antara informasi (pengetahuan) baru dengan pengalaman (pengetahuan lain) yang telah dimiliki dan dikuasai peserta didik. Kejenuhan akibat metode atau model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran menjadi salah satu penyebab atau masalah rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah, 1) Bagaimana implementasi pembelajaran model kooperatif berbasis Complete Sentence dalam meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran PAI di SMK PGRI Pandaan?, 2) Bagaimana peran model Kooperatif berbasis Complete Sentence dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI pandaan?, 3) Bagaimana kelebihan dan kelemahan implementasi pembelajaran model Kooperatif berbasis Complete Sentence dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SMK PGRI Pandaan?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran model kooperatif berbasis Complete Sentence pada pembelajaran PAI di SMK PGRI Pandaan, 2) Untuk mengetahui peran model Kooperatif berbasis Complete Sentence dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI pandaan, 3) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan implementasi pembelajaran model Kooperatif berbasis Complete Sentence dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SMK PGRI Pandaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti mengambil melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan peneliti mencakup reduksi data, Display data (penyajian data), dan verifikasi (menarik kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Kooperatif Berbasis Complete Sentence dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Complete Sentence juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari nilai yang diperoleh peserta didik, yaitu nilai peserta didik sebelum menggunakan Complete Sentence hanya 12 siswa yang bisa mencapai nilai KKM. Sedangkan setelah diterapkannya Complete Sentence dalam proses pembelajaran, pencapaian nilai peserta didik yaitu 24 siswa yang mampu mencapai bahkan melebihi nilai Kriteria Kelulusan Minimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 FAU I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2018 07:36 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:24 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/268 |
Actions (login required)
View Item |