Implemtasi Metode Achievement Grouping Dalam Pengaruh Kreativitas Berfikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mi Miftahul Ulum

Nur Azizah, 201486010043 (2018) Implemtasi Metode Achievement Grouping Dalam Pengaruh Kreativitas Berfikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mi Miftahul Ulum. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (JUDUL.pdf)
JUDUL.pdf

Download (569kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (711kB)

Abstract

NurAzizah : 201486010043. Implementasi Metode Achievement Grouping Dalam Pengaruh Kreativitas Peserta Didik di MI Miftahul Ulum Puntir. Skripsi, Jurusan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Yudharta Pasuruan. Dosen Pembimbing: Dr. M.Anang Sholikhudin,S. PdI., M.PdI Kata Kunci : Implementasi Metode Achievement Grouping, Kreatifitas Berfikir. Model-model pembelajaran yang dipilih oleh guru harus dapat mendorong siswa untuk belajar dengan mendayagunakan potensi yang mereka miliki secara optimal, membangun sikap dan memiliki ketrampilan tertentu, tiap-tiap model pembelajaran membutuhkan system pengelolaan lingkungan belajar, misalnya Achievement Groupig. Berdasarkan dari masalah tersebut maka penulis ingin meneliti dan mengobservasi tentang metode Achievement Grouping tersebut, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Achievement Grouping dan kemampuan kreativitas berfikir peserta didik di MI Miftahul Ulum Puntir? (2) Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran Achievemen Grouping terhadap kreativitas di MI Miftahul Ulum Puntir? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran Acievement Grouping di MI MiftahulUlumPuntir? Obyek studi ini ditelaah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian survey.Penelitian survey dilakukan untuk membuat suatu generalisasi dari suatu pengamatan terbatas atau sampel menjadi kesimpulan yang berlaku umum bagi populasi. Penelitian ini mampu menjangkau responden yang banyak jumlahnya dengan menggunakan quesioner. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pengelompokan peserta didik berdasarkan prestasinya pengajaran suatu pengelompokan pesertadidik akan memungkinkan guru mengajar anak dengan metode atau teknik mengajar yang tepat. Mengingat didalam kelas mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, maka seorang pendidik harus mampu menghidupkan suasana kelas, seperti dengan menggunakan metode Achievement Grouping. (2) Berdasarkan hasil penelitian adalah efektif. Hal ini dapat dibuktikan setelah guru menggunakan metode pembelajaran Achievement Grouping siswa mampu berpikir kritis itu dapat dilihat dari, siswa pandai menawarkan solusi-solusi kreatif mereka untuk menyelesaiakan masalah yang ada terkait fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Siswa berani mengemukakan pendapat, ide, maupun bertanya ketika proses pembelajaran berlangsung tanpa takut disalahkan. Siswa merasa pendapatnya dihargai dan berperan aktif ketika proses pembelajaran. (3) Dalam menyampaikan mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan Metode Achievement Grouping terdapat beberapa hambatan, yakni faktor teknis dan faktor materi pelajaran. Sedangkan upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut dengan cara mengalihkan ke metode lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 AZI I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. M. Anang Sholikhudin, S. PdI., M. PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 13 Oct 2018 12:04
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item