IMPLEMENTASI METODE TEBAK KATA DALAM PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN SEMUT KRAJAN PURWODADI PASURUAN

Ririn Savitri, 201486010085 (2018) IMPLEMENTASI METODE TEBAK KATA DALAM PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN SEMUT KRAJAN PURWODADI PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I .pdf)
BAB I .pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (569kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)

Abstract

Pembelajaran PAI adalah salah satu pelajaran yang penting untuk menuntun siswa memiliki ahlak mulia. Didalam pembelajaran PAI siswa kurang tertarik terhadap materi yang disampaikan dikarenakan kejenuhan siswa terhadap metode pembelajaran yang setiap harinya selalu sama walaupun berbeda mata pelajaran. Hal ini diketahui dengan banyaknya siswa yang tidak memperhatikan disaat guru menjelaskan materi. Berdasarkan dengan kenyataan yang ada ini, maka kami selaku peneliti mencoba mengimplementasikan metode tebak kata dalam pemahaman siswa pada pembelajaran PAI di SDN Semut Krajan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses implementasi metode tebak kata dalam peningkatan pemahaman siswa, serta untuk mengetahui hasil dari pengimplementasian metode tebak kata di SDN Semut Krajan pada siswa kelas IV. Metode Tebak Kata adalah metode yang proses pengggunaannya menggunakan kartu teka-teki sebagai metode penyampaian materi PAI untuk membantu pemahaman siswa di SDN Semut Krajan. Metode ini juga menarik perhatian siswa karena menggunakan kartu teka-teki sehingga siswa tidak jenuh dalam mengikuti metode pembelajaran PAI, selain itu kelebihan dari metode ini dapat meningkatkan daya fikir siswa agar tidak mudah lupa terhadap materi yang sudah disampaikan. Pendekatan yang peneliti gunakan disini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, sedangkan sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer dan sekunder, yang menjadi objek dari sumber data primer adalah siswa dan guru di SDN Semut Krajan sedangkan dengan sumber data sekunder peneliti mendapatkannya dari data-data yang tertulis di SDN Semut Krajan yang menjelaskan tentang data siswa kelas IV. Sedangkan dalam PTK ini untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendukung paparan data peneliti juga menyertakan sebagai lampiran terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semut Krajan dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pengimplementasian metode tebak kata siswa kelas IV dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Semut Krajan. Hal ini dilihat dari hasil nilai ketuntasan siswa secara klasikal dipertemuan pertama 37% dan terjadi peningkatan dipertemuan kedua 66,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode tebak kata dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SAV I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmang Fathurrohman S.PdI., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 16 Aug 2018 15:52
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item