Qurrotun A'yun, 201486010041 (2018) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Muallaf Di Pesantren Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (A.cover, pengesahan.pdf)
A.cover, pengesahan.pdf Download (697kB) |
|
Text (BAB I 2.pdf)
BAB I 2.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB II 2.pdf)
BAB II 2.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III 2.pdf)
BAB III 2.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV 2.pdf)
BAB IV 2.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BABV 2.pdf)
BABV 2.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf Download (884kB) |
Abstract
Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Muallaf di Persatuan Islam Tionghoa (PITI) Surabaya sangat dibutuhkan untuk membantu Muallaf dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan beragama dengan cara melakukan pembinaan atau bimbingan kepada muallaf. Oleh karenanya, peneliti tertarik untuk mendalami probematika orang muallaf dalam penbinaan Pendidikan Agama Islam di Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif (deskriptif kualitatif), sedangkan untuk proses analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah reduksi data (data reduction), penyajian data dan Verifikasi (verification). Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apa saja Program Kegiatan Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Muallaf di Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya? (2)Bagaimana Pelasksanaan Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Muallaf di Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya? (3)Apa Saja Faktor-Faktor Penghambat dan Pendukung Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Muallaf di Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya? Dari hasil dari penelitian ada beberapa program kegiatan penanaman nilainilai pendidikan Islam yaitu (a)Memperluas Islam kepada setiap WNI (khususnya dari kalangan etnis Tionghoa) yang secara sukarela ingin masuk Islam, (b)Memperdalam pengertian tentang Islam kepada anggota, (c)Memberikan pendidikan, pengajaran tentang persoalan-persoalan agama Islam sesuai dengan urgensinya, (d)Membina dan membimbing anggota dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban dalam berislam, (e)Menyelenggarakan tabligh-tabligh, pengajian, kursus, pertemuan dan kunjungan keluarga, (f)Membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan mental, (g)Mengadakan kerjasama dengan organisasi dakwah lain dalam rangka pelaksanaan dakwah dan pendidikan,(h) Menyelenggarakan atau membantu usaha-usaha bagi kesejahteraan umum seperti, balai pengobatan, rumah sakit, dan usaha-usaha lain yang dapat membantu anggota pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yaitu hari Jum’at (Penyelenggaraan Ibadah sholat jum’at), sabtu (pengajian rutin khusus muallaf meliputi keimanan, akhlak,ibadah), minggu (pengajian rutin untuk umum). Faktor penghambat yaitu ada beberapa Muallaf yang merasakan jenuh, gengsi, merasa dirinya tidak mampu, serta tidak hadir pada waktu bimbingan dilaksanakan namun kebanyakan Muallaf itu canggung. Sedangkan faktor pendukungnya semangat muallaf PITI Surabaya dalam mempelajari Agama Islam, pengajar yang memiliki wawasan yang luas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.77 AYU P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2018 15:47 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/275 |
Actions (login required)
View Item |