NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MIFTAHUL ULUM TANJUNGARUM SUKOREJO PASURUAN

Maslakhatul Ammah, 201486010034 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MIFTAHUL ULUM TANJUNGARUM SUKOREJO PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (COVER 1.pdf)
COVER 1.pdf

Download (381kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa dengan memasukkan atau memadukan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan karakter merupakan suatu kinerja dari sebuah sistem pembinaan dan pembentukan untuk menciptakan seseorang pribadi pemimpin yang akan membawa masyarakat pada suatu kebaikan dan keadilan, yang di dalamnya ditanamkan nilai-nilai karakter guru membentuk insan yang sempu a. Penelitian ini bertujuan (1) Nilai karakter apa yang ditanamkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Miftahul Ulum Tanjungarum Sukorejo Pasuruan? (2) Bagaimana Strategi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Miftahul Ulum Tanjungarum Sukorejo Pasuruan? (3) Apa kekurangan dan kelebihan dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMK Miftahul Ulum Tanjungarum Sukorejo Pasuruan?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman seperti pengumpulan data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredabilitas dengan cara triangulasi sumber dan tringulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter religius yang ditanamkan di sekolah meliputi Responsibility, Respect, Courage, Kindness, dan Self-discipline. (2) Strategi memberikan pengajaran kepada siswa di dalam kelas. (3) kekurangan dan kelebihan yaitu kurangnya siswa memahami apa arti Pendidikan Agama Islam dan kelebihannya mereka selalu mentaati peraturan dengan baik dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 370.114 AMN N
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAchmad Yusuf, M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 04 Dec 2018 12:51
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item