MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI DASA DHARMA PRAMUKA DI MADRASAH IBTIDA'IYAH MIFTAHUL ULUM PUNTIR PURWOSARI

Muhammad Ainun Najib, 201486010035 (2018) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI DASA DHARMA PRAMUKA DI MADRASAH IBTIDA'IYAH MIFTAHUL ULUM PUNTIR PURWOSARI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text (COVER DAN LAMPIRAN AWAL.pdf)
COVER DAN LAMPIRAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN AKHIR.pdf)
LAMPIRAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan mengajarkan kebiasaan cara berfikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup baik melaksanakan nilai-nilai pendidikan karakter. Namun masih terdapat kurangnya kesadaran akan ketertiban berpakaian, kedisiplinan dan tanggung jawab dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kepramukaan, padahal manfaat dalam mengikuti kegiatan kepramukaan sangat besar manfaatnya khusunya dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Dengan adanya penanamandasa dharma pramuka ini dapat membentuk karakter siswa dan dapat mendisiplinkan siswa agar rajin mengikuti kegiatan kepramukaan serta dapat mengambil pelajaran dari setiap bait-bait dasa dharma pramuka. Dengan banyaknya mata pelajaran yang diberikan kepada siswa yang terkadang membuat siswa jenuh dan bosan. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan karakter peserta didik melalui dasa dharma pramuka di MI Miftahul Ulum Puntir Purwosari. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat di fokuskan masalah sebagai berikut: (1) bagai mana model Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum Puntir? (2) bagaimana pengaruh dasa dharma pramuka untuk pendidikan karakter peserta didik di MI Miftahul Ulum Puntir? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang pendekatannya secara deskriptif dengan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data selama di lapangan karena analisis data lebih di fokuskan selama proses dilapanagan bersama pengumpulan data. Analisis data tersebut terdiri dari tiga komponen yaitu: pengumpulan redukasi data. Pengumpulan penyajian data, pengumpulan penarikan kesimpulan. Dari hasil peneliti ini dapat di tarik kesimpulan bahwa: (1) Model pendidikan karakter yang dapat mendukung siswa dalam pendidikan karakter peserta didik di MI Miftahul Ulum Puntir terdapat beberapa kegiatan-kegiatan yang mana kegiatan tersebut dilakukan secara rutin. Kegiatan tersebut di laksanakan untuk mendidik karakter peserta didiknya. Pendidikan karakter sejak didni ini sangatlah berpengaruh untuk modal masa depan bangsa ini. (2) dari poin poin diatas bisa disimpulakn pengaruh dasa dharma pramuka banyak mengandung model pendidikan karakter yang dapat dijadikan untuk membangun karakter peserta didik melalui dasa dharma pramuka. Makna yang terkandung didalamnya sangatlah penting untuk kehidupan sehari-hari kita dan harus kita ajarkan kepada adik-adik kita, agar karakter peserta didik dapat terbangun dengan baik untuk masa depan bangsa yang maju.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 NAJ M
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Ali Mohtarom, S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 04 Nov 2018 13:46
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item