Muhammad Ainul Yaqin, 201486010036 (2018) PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (25kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V.pdf)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (Cover dst.pdf)
Cover dst.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara empiris mengenai peran guru Pendidikan Agama Islam khususnya dalam pendidikan Islam di sekolah berbasis multikultural yaitu di SMA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode obsevasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan teknik analis diskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam sekolah tersebut serta kegiatan yang di amati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan informasi terkait konsep pendidikan multikultural di SMA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Seperti latar belakang bangsa yakni bangsa Asia dan Eropa, latar belakang suku yakni suku Jawa dan suku Sunda, dan latar belakang Agama yakni Agama Islam, Buddha, Hindu, Katholik, dan Tiong Hoa. Kemudian peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Pendidikan Multikultural dengan berbagai kegiatan yaitu pertama, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menggunakan cara khusus “Tupat Sambel� yaitu tukar pendapat sambil belajar. Kedua, rancangan pembelajaran yang di praktekkan dalam kegiatan siswa. Ketiga, mengembangkan kesadaran multikultural peserta didik dengan cara mencontohkan kepada peserta didik bagaimana bertoleransi antar agama dengan baik. Dengan demikian siswa-siswi di SMA Darut Taqwa Senngonagung Purwosari mampu beradaptasi dengan kehidupan yang beragam, sedangkan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Pendidikan Multikultural adalah mencontohkan nilai-nilai multikultural kepada sesama tanpa memandang latar belakang mereka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.102 YAQ P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 05 Nov 2018 07:53 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/280 |
Actions (login required)
View Item |