PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI

Muhammad Ainul Yaqin, 201486010036 (2018) PERAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA DARUT TAQWA SENGONAGUNG PURWOSARI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V.pdf)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (Cover dst.pdf)
Cover dst.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara empiris mengenai peran guru Pendidikan Agama Islam khususnya dalam pendidikan Islam di sekolah berbasis multikultural yaitu di SMA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode obsevasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan teknik analis diskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam sekolah tersebut serta kegiatan yang di amati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan informasi terkait konsep pendidikan multikultural di SMA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Seperti latar belakang bangsa yakni bangsa Asia dan Eropa, latar belakang suku yakni suku Jawa dan suku Sunda, dan latar belakang Agama yakni Agama Islam, Buddha, Hindu, Katholik, dan Tiong Hoa. Kemudian peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Pendidikan Multikultural dengan berbagai kegiatan yaitu pertama, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menggunakan cara khusus “Tupat Sambel� yaitu tukar pendapat sambil belajar. Kedua, rancangan pembelajaran yang di praktekkan dalam kegiatan siswa. Ketiga, mengembangkan kesadaran multikultural peserta didik dengan cara mencontohkan kepada peserta didik bagaimana bertoleransi antar agama dengan baik. Dengan demikian siswa-siswi di SMA Darut Taqwa Senngonagung Purwosari mampu beradaptasi dengan kehidupan yang beragam, sedangkan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Pendidikan Multikultural adalah mencontohkan nilai-nilai multikultural kepada sesama tanpa memandang latar belakang mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.102 YAQ P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Saifulah, M.HI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:53
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item