Penggunaan Media Limbah CD Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas VIII Di Mts Nurul Huda Baran Pager

Rosyidah, 201486010073 (2018) Penggunaan Media Limbah CD Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas VIII Di Mts Nurul Huda Baran Pager. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II (1).pdf)
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III (1).pdf)
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DALAM.pdf)
COVER DALAM.pdf

Download (988kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilakukan di MTs Nurul Huda Baran Pager, guru cenderung menggunakan metode ceramah dan praktik tidak menggunakan media sama sekali dalam pembelajaran, guru tersebut memiliki alasan yang kuat dalam menggunakan metode ceramah dan praktik, karena jika menggunakan media di khawatirkan waktu akan habis sebelum materi yang disampaikan selesai. Peserta didik sering mengantuk dan bergurau sendiri tidak memperhatikan guru ketika pelajaran. Untuk mengatasi masalah tesebut peneliti menggunakan media limbah CD untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Fiqih di MTs Nurul Huda Baran Pager. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen karena dalam proses ini penelitian ini dilakukan dengan uji coba atau eksperimen. Adapun desain yang penulis gunakan dalam penelitian eksperimen adalah Preeksperimen design (nondesign), sedangkan pola eksperimen yang digunakan dalam hal ini adalah desain satu kelompok, One-Group Pretest dan Posttest, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi eksperimen, wawancara, kuesioner dan dokumentasi, subjek peneliti adalah siswa MTs Nurul Huda Baran Pager yang terdiri dari 20 siswa dan siswa. Penelitian ini di laksanakan pada tanggal 26 Mei 2018. Dengan menggunakan uji Tes “t” untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan dapat diketahui bahwa dan ∑ itu, dapat diketahui besarnya Deviasi Standard perbedaan skor antara Variabel X dan Variabel Y 2,09< 3,591> 2,86 berdasarkan nilai uji coba posttest lebih besar dari pada pretest hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media limbah CD dalam pembelajaran bidang studi fiqih di MTs Nurul Huda. Jadi penggunaan media pembelajaran limbah CD yang dilaksanakan di MTs Nurul Huda Baran Pager dengan menggunakan uji Tes “t” dengan hasil 2,09< 3,591> 2,86 Ha diterimah dan Ho ditolak dengan artian bahwa ada pengaruh media limbah CD di MTs Nurul Huda Baran Pager. Untuk itu hendaknya pihak kepala sekolah dapat mendukung dalam terciptanya pembelajaran yang efektif, kreatif dan tidak membosankan dengan menggunakan media limbah CD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ROS P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., M.PdI., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 22 Oct 2018 15:29
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item