PENERAPAN METODEDRILL PADA MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADIST DI KELAS 1 MI HIDAYATUL MUBTADI'IN COWEK

M. Sholehuddin Bahar, 201486010084 (2018) PENERAPAN METODEDRILL PADA MATA PELAJARAN AL QUR'AN HADIST DI KELAS 1 MI HIDAYATUL MUBTADI'IN COWEK. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1. cover.pdf)
1. cover.pdf

Download (854kB)
[img] Text (2. BAB I.pdf)
2. BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] Text (3. BAB II.pdf)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (4. BAB III.pdf)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (5. BAB IV.pdf)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (6. BAB V.pdf)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (7. BAB VI.pdf)
7. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (8. DAFTAR RUJUKAN.pdf)
8. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research).Penelitian lapangan adalah untuk mencari di mana peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung. Ditinjau dari segi sifat-sifat data maka penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Ada pun prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara atau Interview Mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Alasan pemilihan di kelas 1 MI Hidayatul Mubtadiin Cowek sebagai tempat dilaksanakan penelitian adalah: Proses pembelajaran yang kurang bermakna, Hasil belajar siswa yang masih rendah, Lulusan MI harus sudah hafal juz Amma. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut : a. Penerapan metode drill yaitu dengan cara, memberi contoh melafalkan surat-surat pendek sesuai materi hari itu, kemudian peserta didik menirukan pelafalan surat-surat pendek tersebut dengan berkelompok atau individu, setelah itu peserta didik disuruh maju bergantian mengurutkan kartu kata dengan khot surat surat pendek secara individu, pada tahap inti terakhir peserta didik satu persatu disuruh hafalan materi surat pendek tersebut dengan fasih dan benar. Di tahap penutup guru mengulang pelafalan materi surat pendek secara klasikal yang diikuti oleh peserta didik. b. Hasil penerapan metode drill dalam pembelajaran Al Qur'an hadist di kelas 1 MI Hidayatul Mubtadi'in Cowek adalah hafalan peserta didik meningkat dan semua siswa tuntas dalam hafalan, yang lebih penting lagi adalah anak-anak menjadi lebih antusias dan semangat dalam menghafal surat-surat pendek, terlihat ketika peserta didik disuruh maju untuk mengurutkan kartu kata di depan kelas, mereka berebut angkat tangan. c. Factor pendukung penerapan metode drill adalah a) adanya kegiatan ekstrakurikuler kaitannya untuk menunjang pengetahuan danpemahaman Al-Qur'an Hadits, b) Adanya perlengkapan yang cukup, dan dibina oleh guru yang profesional. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah a) pelaksanaannya memerlukan waktu yang relative banyak atau panjang. b) Apabila tidak di tunjang dengan peralatan dan perlengkapan yang memadai atau tidak sesuai dengan kebutuhan, maka metode ini kurang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 BAH P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. M. Anang Sholikhudin,S.Pd M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 07 Nov 2018 09:48
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item