Model Pembelajaran Infaq Dan Shodaqoh Telaah Kitab Tanqihul Qaul Studi Kasus Di MI Nurul Huda Kesiman

Yatimatul Ulfa, 201486010096 (2018) Model Pembelajaran Infaq Dan Shodaqoh Telaah Kitab Tanqihul Qaul Studi Kasus Di MI Nurul Huda Kesiman. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf

Download (39kB)
[img] Text (Lampiran.pdf)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan materi infaq dan sedekah bagi siswa-siswi adalah sebuah pembelajaran yang harus ditingkatkan dan maksimalkan keberhasilannya oleh seorang pendidik. Infaq dan sedekah merupakan ibadah social yang memiliki aspek nilai social yang tinggi dibandingkan dengan ibadah lainnya. Seperti shalat, puasa, dan haji. Penyajian materi infaq dan sedekah yang terdapat dalam pembelajaran di MI Nurul Huda kerap kali dilaksanakan secara formal, dalam artian masih hanya berdasarkan pada materi yang ada dalam buku fiqih saja tanpa ditunjang dengan literatur kitab-kitab hadist. Hal itu menjadikan siswa-siswi kurang terdorong untuk melaksanakan ibadah infaq dan sedekah secara ikhlas dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pribadi mereka. Untuk memahami model pembelajaran tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana model pembelajaran infaq dan sedekah di MI Nurul Huda Kesiman? 2. Bagaimana telaah kitab Tanqihul Qaul dengan materi ajar infaq dan sedekahdi MI Nurul Huda Kesiman? 3. Bagaimana pelaksanaan infaq dan sedekah dalam kesehariaanpeserta didik di MI. Nurul Huda Kesiman? 4.Bagaimana sistem penyaluran dana infaq dan sedekah di MI Nurul Huda Kesiman? 5. Bagaimana bentuk data statistic hasil infaq dan sedekah di MI Nurul Huda Kesiman? Untuk menjawab pertanyaan tersebut. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang mana data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan menelaah kitab-kitab yang relevan dengan objek penelitian, yaitu Model Pembelajaran Infaq Dan Sedekah Telaah Kitab Tanqihul Qaul Studi Kasus Di MI Nurul Huda Kesiman. Jika ditinjau dari sudut pandang pendidikan, pemebelajaran infaq dan sedekah yang ditanamkan secara kontinu dapat menumbuhkan karakter dermawan dan perduli terhadap lingkungan sekitar masyarakat tanpa ada beban berkurangnya sebagian harta mereka. Selain itu peserta didik akan terus termotivasi untuk melaksanakan kegiatan infaq dan sedekah apabila mereka tidak merasa bosan dengan model dan strategi pembelajaran yang diterapkan serta penambahan sejumlah materi infaq dan sedekah yang dapat memberikan dorongan terhadap mereka guna meningkatkan wawasan dan pengalaman pengetahuan peserta didik secara langsung. Sedangkan jika dilihat dari aspek social, peserta didik dapat lebih peka terhadap orang-orang yang membutuhkan uluran tangan mereka, diantaranya anak-anak miskin yang tidak mampu membayar biaya sekolah, anak-anak yatim piatu, anak-anak berprestasi yang kurang mampu dibidang ekonomi, serta lembaga-lembaga yang membutuhkan dana untuk perbaikan dan pengembangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.54 ULF M
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDrs. M. Jamhuri, M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 18 Aug 2018 15:22
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item