Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Perilaku Islami Siswa SMA Ma'arif Sukorejo Pasuruan

Ikatul Jannah Arizki Mubarokah, 201486010093 (2018) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Perilaku Islami Siswa SMA Ma'arif Sukorejo Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text (cover.pdf)
cover.pdf

Download (708kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Strategi pembelajaran adalah merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan,dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dengan demikian, startegi guru PAI yang baik dan tepat tentu dapat memberikan perubahan pada akhlak siswa. Begitu pula sebaliknya strategi guru PAI yang tidak baik dan tidak tepat dapat menjadi penyebab kegagalan pendidikan Islam dalam membina akhlak siswa di sekolah selama ini, karena anak didik banyak yang kurang atau masih rendah akhlaknya. Berpijak pada latar belakang di atas, dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah, yaitu Bagaimana Perilaku Islami siswa di SMA Ma'arif Sukorejo? Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Perilaku Islami siswa di SMA Ma'arif Sukorejo? Bagaimana Faktor yang Mendukung dan Menghambat Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Perilaku Islami Siswa di SMA Ma'arif Sukorejo? Bagaimana Usaha Guru PAI dalam Menghadapi Faktor yang Menghambat Pembiasaan Perilaku Islami Siswa di SMA Ma'arif Sukorejo? Mengenai metode penelitian, peneliti menggunakan penelitian kualitatif yakni penelitian yang data-datanya berupa kata-kata, yang berasal dari pengamatan, wawancara, catatan laporan, dokumen, dan lain-lain, atau penelitian yang didalamnya mengutamakan untuk mendeskripsikan secara analisis suatu peristiwa atau proses sebagaimana adanya dalam lingkungan yang alami untuk memperoleh makna yang mendalam dari proses tersebut. Dari hasil analisis yang peneliti laksanakan bahwa Perilaku Siswa SMA seteah masuk di lembaga ini sangat beragam. Dalam peningkatan Perilaku Islami siswa, Guru PAI di mempunyai strategi diantaranya: 1) Peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas yakni dengan memberi pendidikan keteladanan, nasehat, hukuman dan pembiasaan, 2) Pengembangan pembelajaran PAI melalui kegiatan keagaman yakni sholat dhuhur dan dhuha berjamaah, PHBI, mengadakan program Infaq, mengadakan Pesantren Kilat, Kantin Kejujuran dan Mujahadah. Faktor penghambat dari peningkatan Perilaku Islami dibagi menjadi dua. 1) faktor Inte yaitu minimnya fasilitas ibadah dan terbatasnya waktu belajar PAI, 2) faktor ekte yaitu latar belakang keluarga, pengaruh lingkungan bermain, perkembangan dari kemajuan teknologi dan informasi. Adapun upaya yang dilakukan guru PAI dalam menghadapai hambatan yaitu dengan memanfaatkan fasilitas sekolah sebagai sarana ibadah, melaksanakan mentoring ibadah dan yang tidak kalah pentingnya adalah membangun kerjasama dengan wali kelas dan orang tua dari siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ARI S
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:17
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item