PENERAPAN MEDIA MIKA KENDURI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID PADA HUKUM BACAAN TANWIN DAN NUN SUKUN DI MADRASAH DINIYAH NURUL HIDAYAH SUKOREJO- PASURUAN

Muttakina Imamah, 201486010057 (2018) PENERAPAN MEDIA MIKA KENDURI DALAM PEMBELAJARAN TAJWID PADA HUKUM BACAAN TANWIN DAN NUN SUKUN DI MADRASAH DINIYAH NURUL HIDAYAH SUKOREJO- PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (948kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tajwid berarti tahsin (memperbaiki) secara harfiyah bermakna melakukan sesuatu dengan elok dan indah atau bagus dan membaguskan. Alloh berfirman dalam alquran surat al muzammil ayat 4 yang artinya bacalah al quran dengan perlahan lahan, dijelaskan oleh nabi Muhammad SAW dalam hadisnya yang diriwayatkan atturmudzi dan annasai bahwa nabi memerintahkan baguskanlah bacaan al quran dengan suaramu maka sesungguhnya membaguskan bacaan al quran dengan suara dan bacaan menambah pahala dan keindahan al quran. Hukum mempelajari tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardhu kifayah. Adapun hukum membaca al quran dengan memakai hukum tajwid adalah fardhu ‘ain. Peneliti mencoba mengkaji tentang penerapan media mika kenduri dalam pembelajaran tajwid pada hukum bacaan tanwin dan nun sukun dimadrsah diniyah nurul hidayah. 1) kondisi obyektif kegiatan pembelajaran tajwid kitab syifaul jinan. 2) penerapan media mika kenduri dalam pembelajaran tajwid pada hukum bacaan tanwin dan nun sukun 3) faktor kelebihan dan kekurangan serta hasil yang ingin dicapai dengan menggunakan media tersebut. . Metode yang dipakai dalam pengambilan datanya dengan teknik obserfasi, dokumentasi, wawancara, sedangkan untuk menganalisis data memakai teknik induksi yaitu dengan menganalisa dari yang bersifat khusus terlebih dahulu kemudian di pakai untuk bahan penarikan kesimpulan yang bersifat umum. Hasil analisis tersebut yakni dengan cara dijabarkan di deskripsikan dan disimpulkan Dari hasil analisis dapat diketahui pembelajaran dengan penerapan media mika kenduri dalam pembelajaran tajwid pada hukum bacaan tanwin dan nun sukun berdasarkan fokus: 1) kondisi obyektif pembelajaran tajwid menggunakan metode sorogan dan bandongan. 2) penerapan media mika kenduri dapat mempermudah pemahaman arti hukum bacaan tanwin dan nun sukun serta mempermudah menghafalkan huruf dan nadhomannya. 3) faktor kekurangan dan kelebihan dalam proses belajar mengajar diantaranya faktor INTERNAL dan ekste al. Faktor INTERNAL meliputi faktor fisik dan psikis sedangkan faktor ekste al meliputi faktor guru, fasilitas madrasah diniyah, faktor keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 IMA P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAchmat Mubarok, S. PdI, M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 24 Oct 2018 14:29
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item