KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYAIKH HAFIDZ HASAN AL-MAS'UDI DALAM KITAB TAISIRUL KHOLAQ

Kasiyanto, 201486010102 (2018) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYAIKH HAFIDZ HASAN AL-MAS'UDI DALAM KITAB TAISIRUL KHOLAQ. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)
[img] Text (halaman sampul.pdf)
halaman sampul.pdf

Download (1MB)
[img] Text (lampiran-lampiran.pdf)
lampiran-lampiran.pdf

Download (188kB)

Abstract

Tujuan utama dalam pendidikan Islam adalah pencapaian akhlak yang mulia sehingga tercipta kehidupan manusia yang harmonis, saling tolong menolong, berlaku adil dan hubungan yang seimbang dalam kehidupan bermasyarakat. Karena itu pula, penanaman akhlak kepada anak-anak dan generasi muslim sangat penting pada usia dini agar kelak ketika dewasa mereka bisa menjadi generasi penerus yang berakhlak karimah. Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Syaikh Hafidz Hasan al-Mas'udi dalam kitab taisirul kholaq. Bagaimana Implementasi pendidikan akhlak menurut Syaikh Hafid al-Mas'udi dalam kitab taisirul kholaq di Zaman Sekarang. Untuk mengetahui Bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Syaikh Hafidz Hasan al-Mas'udi dalam kitab taisirul kholaq. Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi pendidikan akhlak menurut Syaikh Hafid al-Mas'udi dalam kitab Taisirul kholaq di Zaman Sekarang. Secara teoritis hasil kajian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumbangan khazanah ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan islam khususnya pendidikan dalam pembinaan akhlak genersi muslim. Secara praktis hasil kajian ini berguna untuk menambah litaratur ilmiah dunia pendidikan kita, bagi para pendidik dapat digunakan sebagai bahan introspeksi diri, bagi penulis sebagai tambahan pemahaman dan pengetahuan. Jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data: primer kitab Taisirul Kholaq karya Syaikh Hafid al-Mas'udi. Sekunder kitab Ihya' Ulumuddin karya Imam ghozali, buku Ilmu Pendidikan Islam karya Dr. Zakiah Daradjat, serta karya lainya yang mendukung dengan pembahasan ini; metode pengumpulan data mengunakan metode historis dan diskriptif; teknik analisa data mengunakan metode deduktif, induktif dan komparatif. Konsep Pendidikan Akhlak menurut Syaikh hafidz al-Mas'udi dalam kitab taisirul kholaq adalah; jujur, amanat, iffah, muru'ah, hilim, dermawan, tawadhu', rendah hati, harga diri dan adil. Adapun nilai-nilai akhlak dalam kitab taisirul adalah, sikap amanah, sikap jujur, sikap pemaaf, sikap tawadhu' dan sikap suka memberi. Sedangkan akhlak yang harus di hindari dalam kitab taisirul kholaq antara lain; dendam, hasud, ghibah, namimah, sombong, ghurur, dan dzolim. Implementasi Pendidikan akhlak dalam kitab taisirul kholaq di zaman sekarang diantaranya; adalah akhlak seorang guru, akhlak seorang murid, akhlak kepada orang tua, akhlak kepada keluarga, akhlak kepada tetangga, akhlak dalam pergaulan, akhlak dalam majlis, akhlak makan, akhlak minum, akhlak tidur, dan akhlak ketika di masjid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 397.87 KAS K
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Ali Muhtarom, S,ag . M. PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Adat Istiadat, Etiket, Folklor
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 14 Sep 2018 11:24
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item