ABDUL KARIM, 201486010038 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NAHDLATUL WATHON TAMBAAN PANGGUNGREJO PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (JUDUL.pdf)
JUDUL.pdf Download (614kB) |
|
Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah Penelitian ini dilakukan di SD Nahdlatul Wathon karena sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah dasar berbasis islami yang mengembangkan pendidikan karakter dalam pembelajaran sehari-harinya Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : 1) Apa nilai-nilai karakter yang di kembangkan di SD Nahdlatul Wathon? 3) Bagaimana konsep pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar Nahdlatul Wathon 2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar Nahdlatul Wathon. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif. Data terdiri dari Primer dan skunder. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) interview dan (3) dokumentasi. Analisis data dengan model interaktif. Uji keabsahan data dengan Triangulasi. Hasil penelitian ini disimpulkan 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di Sekolah Dasar Nahdlatul Wathon Tambaan Panggungrejo Pasuruan antara lain, Nilai Karakter Religius, Nilai Karakter Jujur, Nilai Karakter Mandiri, Nilai Karakter Semangat Kebangsaan, Nilai Karakter Cinta Tanah Air, Nilai Karakter Bersahabat dan Komunikatif, Nilai Karakter Tanggung Jawab., 2) Konsep Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Nadlatul Wathon Tambaan Panggungrejo Pasuruan Sebagaimana yang telah dikonsepkan dalam penanaman pendidikan karakter di SD Nahdlatul Wathon ialah dengan mengunnakan strategi pembiasaan, dengan menggunakan pendekatan pembiasaan tersebut dirasa cukup efektif dalam membentuk karakter peserta didik, akan tetapi tidak menampik tetap menggunakan pendekatan-pendekatan yang lain selama itu dirasa dapat membantu dan mengembangkan karakter peserta didik, akan tetapi strategi pembiasaanlah yang paling di tonjolkan di SD Nahdlatul Wathon seperti pada penerapan tiga nilai karakter yang paling tampak nilai, religious, disiplin dan peduli lingkungan., 3) Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Nadlatul Wathon Tambaan Panggungrejo Pasuruan Sesuai dengan keadan yang ada di SD Nahdlatul Wathon tentang peran guru dalam meningkatkan pemahaman tentang pendidikan karakter antara lain adalah guru selalu melakukan pendekatan pada siswa, sebab dengan melakukan pendekatan proses belajaran akan berproses maksimal, memberikan motivasi belajara agar peserta didik lebih semangat dalam belajara, merencanakan pembelajaran dengan baik, membantu peserta didik dalam setiap kesulitan dalam pembelajaran, mengontrol pergaulan peserta didik baik dirumah dan disekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2018 14:45 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/300 |
Actions (login required)
View Item |