DZURROTUN NAFISAH, 201486010015 (2018) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MEMINIMALISIR PERGAULAN BEBAS DI SMA ISLAM YAKIN TUTUR. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf)
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (739kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan mempunyai tantangan cukup berat karena penyalahgunaan teknologi dan pergaulan yang salah menjadi salah satu faktor terjadinya pergaulan bebas yang semakin memprihatinkan di kalangan remaja saat ini. Pergaulan bebas menjadi kambing hitam bagi tingginya angka kehamilan remaja. Sebagai generasi penerus dan menjadi aset terbesar bagi bangsa perlu adanya penanganan dan perhatian khusus untuk membentuk karakter dan kepribadian yang baik sesuai ajaran agama. Hal ini dapat diwujudkan melalui pendidikan di sekolah yang memilki tujuan yang jelas. Disinilah Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan penting sebagai alternatif untuk mencegah pergaulan bebas di SMA Islam Yakin Tutur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pelaksanaan pendidikan Agama Islam di SMA Islam Yakin Tutur? (2) bagaimana gambaran pergaulan bebas peserta didik di SMA Islam Yakin Tutur dan faktor- faktor peyebabnya? (3) bagaimana konsep pendidikan agama islam untuk meminimalisir pergaualan bebas peserta didik di SMA Islam Yakin Tutur?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang di gunakan adalah studi kasus. Teknik penelitiannya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang didapat berasal dari data primer dan data sekunder dengan analisis data yaitu data reduction, data display dan data conclusion. Hasil penelitian ini adalah pertama pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Yakin Tutur materi PAI masih mengacu pada dua kurikulum yaitu KTSP 2006 dan K-13. Untuk metode yang digunakan meliputi metode ceramah, diskusi, problem solving dan inkuiri. Adapun media pembelajarannya menggunakan LCD atau infocus dibantu dengan powerpoint dan untuk evaluasi pembelajarannya selain aspek kognitig akan tetapi pendidikan agama Isam lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotorik. Kedua gambaran pergaulan bebas pada peserta didik tidak bisa dipastikan karena pada dasarnya kenakalan remaja bersifat relatif, faktor terjadinya peserta didik terjerumus dalam pergaulan bebas bermula dari pacaran, lingkungan dan pergaulan teman yang salah, broken home, menyalahgunakan kecanggihan teknologi, serta lemahnya iman seseorang. Ketiga konsep Pendidikan Agama Islam sebagai alternatif untuk meminimalisir pergaulan bebas, pihak sekolah bekerjasama dengan orang tua dalam hal peraturan sekolah, pihak kepolisian dan koramil untuk membentuk kedisiplinan siswa, pihak kesehatan untuk mengecek kesehatan peserta didik agar tidak terdapat penyakit berbahaya seperti HIV dll serta mencegah terjadinya hamil diluar nikah, bekerja sama dengan balai pelatihan dan tempat wisata. Memanfaatkan jam kosong sebelum masuk kelas dan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2018 14:55 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/301 |
Actions (login required)
View Item |