PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS 4A MADRASAH DINIYAH MASYITHOH SUKOREJO PASURUAN

Lailatul Muflikha, 201486020004 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS 4A MADRASAH DINIYAH MASYITHOH SUKOREJO PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (cover.pdf)
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (الباب الرابع.pdf)
الباب الرابع.pdf

Download (792kB)
[img] Text (الفصل الأول.pdf)
الفصل الأول.pdf

Download (730kB)
[img] Text (الفصل الثالث.pdf)
الفصل الثالث.pdf

Download (627kB)
[img] Text (الفصل الثاني.pdf)
الفصل الثاني.pdf

Download (791kB)
[img] Text (الفصل الخامس.pdf)
الفصل الخامس.pdf

Download (632kB)
[img] Text (الفصل السادس.pdf)
الفصل السادس.pdf

Download (481kB)
[img] Text (الملاحق.pdf)
الملاحق.pdf

Download (443kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, beberapa guru menganggap bahasa Arab menjadi momok yang menakutkan bagi para siswa. Anggapan tersebut yang akhi ya menjadi penghambat dalam proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya kajian tentang pembelajaran bahasa Arab yang tepat bagi orang-orang non Arab. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran antara menggunakan media dan tidak menggunakan media Flash Card dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 4a Madrasah Diniyah Masyithoh Sukorejo Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran antara menggunakan media dan tidak menggunakan media Flash Card dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 4a Madrasah Diniyah Masyithoh Sukorejo Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk Pre-Experimental Designs jenis One-Group Pretest-Posttest Design yang memaparkan adakah perbedaan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran antara menggunakan media dan tidak menggunakan media Flash Card dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 4a Madrasah Diniyah Masyithoh Sukorejo Pasuruan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pre-test (sebelum perlakuan) dan post-test (sesudah perlakuan) penggunaan media Flash Card terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas 4a madrasah diniyah Masyithoh Sukorejo Pasuruan. Analisis hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis t-test dua sampel berpasangan. Hasil uji menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil kemampuan siswa (Pre-test) dan (post-test) kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 < α (0,05) dengan kriteria uji adalah Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan media Flash Card terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa dan peningkatan terhadap respon belajar siswa yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiftachul Taubah, S. PdI., M.Pd I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 19 Dec 2018 13:44
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item