M. Rouf, 201286020040 (2018) PENGGUNAAN MADARIJUD DURUS AL-ARABIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM SUKODANI NGABAR KRATON PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (ABSTRAK.pdf)
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (COVER.pdf)
COVER.pdf Download (51kB) |
Abstract
Hakekat pendidikan bukan sekedar memindahkan ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, akan tetapi yang lebih penting dari itu adalah keterlibatan mental dan tindakan itu sendiri. Oleh karena itu peran siswa dalam pembelajaran sudah seharusnya lebih dikedepankan. Sedangkan guru sebagai fasilitator harus bisa menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga dapat mendukung proses pembelajaran, karena seringkali guru kurang tepat dalam memilih metode yang sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga hasil yang dicapai belum maksimal. Berpijak pada fokus penelitian yakni: (1) Bagaimanakah penggunaan Madarijud Durus Al-Arabiyah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Sukodani (2) Bagaimanakah hasil penggunaan Madarijud Durus Al-Arabiyah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Sukodani, Maka tujuan peneliti menyusun skripsi ini adalah untuk (1) Untuk mendiskripsikan secara jelas penggunaan materi Madarijud Durus al-Arabiyahdalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Sukodani; (2) Untuk mendiskripsikan hasil penggunaan materi Madarijud Durus Al-Arabiyah dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Sukodani Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui proses belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 17 siswa di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Sukodani Ngabar Kraton Pasuruan; Data penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Madarijud Durus Al-Arabiyah dapat meningkatkan keaktifan belajar pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Sukodani; Hal ini terbukti dari meningkatnya nilai rata-rata siswa sebelum dan setelah penggunaan Madarijud Durus al-Arabiyah yaitu tahap I (55,00%) dan tahap II (90,00%).
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 ROU P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2018 07:16 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/306 |
Actions (login required)
View Item |