Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Fatkhul Qorib Di Kelas 5 Madrasah Diniyah Riyadhul Qur'an Pandaan Pasuruan

Mar'atus Sholichah, 201486020008 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Fatkhul Qorib Di Kelas 5 Madrasah Diniyah Riyadhul Qur'an Pandaan Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (895kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (cover-daftar isi.pdf)
cover-daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)

Abstract

Madrasah Diniyah Riyadhul Qur'an adalah madrasah yang di dalamnya mempelajari ilmu-ilmu agama. Pada madrasah tersebut terdapat 6 kelas. Pada kelas 5 terdapat pembelajaran kitab Fathul Qorib. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kitab Fathul Qorib adalah metode ceramah, yang mana metode tersebut tidak efektif dalam pembelajaran, serta tidak memudahkan siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca. Dengan adanya masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian eksperimen pengaruh Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Fatkhul Qorib pada kelas 5 di Madrasah Diniyah Riyadhlul Qur'an untuk mengetahui hasil pembelajaran sebelum dan sesudah dilakukannya model CIRC serta untuk mengetahui adakah pengaruh dari model tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Adapun jenis eksperimen yang digunakan adalah jenis pre- eksperimen design dengan bentuk (one group pretest – posttest). Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca kitab Fatkhul Qorib pada kelas 5 di Madrasah Diniyah Riyadhlul Qur'an. Hal ini didasarkan pada hasil akhir T-Test yang dihitung dengan menggunakan SPSS menunjukkan sig (2 tailed) = 0,000 hal itu berarti bahwa probabilitas kurang dari 0,05 yang berarti juga bahwa H0 tidak diterima. H0 tidak diterima berarti rata-rata nilai pretest dan posttest berbeda. Hal ini mampu menjelaskan bahwa model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berpengaruh terhadap nilai dalam materi pembelajaran Fatkhul Qorib. Dari penelitian ini, peneliti memberi saran kepada kepala Madrasah Diniyah untuk mengamati metode yang digunakan oleh guru. Dan pembelajaran kitab Fatkhul Qorib lebih baik tidak menggunakan metode ceramah saja. Ada banyak model, metode, strategi, teknik yang variatif, kreatif dan inovatif. Salah satunya yaitu model CIRC atau model variatif lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMochamad Hasyim, S.PdI, M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 02 Nov 2018 10:42
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item