Implementasi Metode Meniru-Menghafal/Mim-Mem Mimicry-Memorization Method dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas 3 Madrasah Diniyah Masyithoh Sukorejo

Mawaidul Ummah, 201486020017 (2018) Implementasi Metode Meniru-Menghafal/Mim-Mem Mimicry-Memorization Method dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas 3 Madrasah Diniyah Masyithoh Sukorejo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (COVER-DAFTAR ISI.pdf)
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (809kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari siswa yang sulit dalam memahami bahasa Arab sehingga akan sulit bagi siswa untuk mengingat ataupun menghafal kosakata-kosakata baru yang diberikan oleh gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Implementasi Metode Meniru-Menghafal dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas 3 Madrasah Diniyah Masyithoh Sukorejo, (2) mengetahui kelebihan dan kekurangan Implementasi Metode Meniru-Menghafal dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas 3 Madrasah Diniyah Masyithoh Sukorejo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan datanya melalui perpanjangan kehadiran peneliti, observasi yang terdalam dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan persentase proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru yaitu mencapai 75% dengan kategori baik. Dan hafalan mufradat yang dilakukan oleh siswa yang sesuai dengan waktu yang ditentukan adalah 70%. Sedangkan siswa yang melewati batas waktu hafalan sebanyak 30%. Implementasi metode meniru-menghafal mulai dari guru membaca mufradat yang akan diajarkan dan siswa menirukan ucapan gurunya satu sampai tiga kali, kemudian siswa disuruh menghafalkan mufradat sebagai evaluasi pembelajaran ini sudah diterapkan dengan sangat baik. Berdasarkan pembahasan metode meniru menghafal ini, siswa yang mampu menghafal mufradat sebanyak delapan mufradat tanpa melewati batas waktu yang ditentukan serta siswa mampu membedakan bunyi dan lafal-lafal dengan baik maka siswa diperbolehkan pulang sebagai hadiahnya. Ini bukti kelebihan dari implementasi metode meniru menghafal tersebut. Sedangkan siswa yang tidak mampu menghafal mufaradat sebanyak delapan mufradat dan melewati batas yang ditentukan maka siswa tidak diperbolehkan pulang. Hal ini disebabkan oleh daya ingat siswa yang berbeda-beda sehingga ini menjadi titik kelemahan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiftachul Taubah, S.PdI., M.Pd I., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 22 Aug 2018 08:50
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item