Pembelajaran kemampuan membaca Kitab Fathul Qarib dengan Metode Sorogan di Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan.

Adi Masluch Afandi, 201486020007 (2018) Pembelajaran kemampuan membaca Kitab Fathul Qarib dengan Metode Sorogan di Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3 fix.pdf)
bab 3 fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4 fix.pdf)
bab 4 fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (bab 6.pdf)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (bab5.pdf)
bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (cover dan lembar persetujuan.pdf)
cover dan lembar persetujuan.pdf

Download (400kB)
[img] Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penilitian ini berangkat dari bagaimana santri ketika belajar kemampuan membaca itu sehingga santri mampu mendapatkan pelajaran dengan baik dari seorang gurunya dan menjadi lebih semangat dalam belajar sorogannya. Penelitian ini bertujuan untuk:Û±. Proses pembelajaran kemampuan membaca kitab Fathul Qarib metode sorogan di Asrama A pondok pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan, Û². Mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang disertai dengan upaya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Data penelitian diperoleh melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data penyajian data dan verifikasi (menarik kesimpulan). Dan untuk pengecekan keabsahan datanya melalui kehadiran peneliti, observasi yang terdalam dan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan persentase proses kegiatan pembelajaran kemampuan membaca kitab fathul qarib anak kelas Ù¦ di asrama A sudah kategori baik karena antara yang hadir dan yang tidak hadir sama-sama Ù¥Û°Ùª. Sedangkan dalam proses belajar mengajar sangat kurang guru mengajarnya. Dengan metode sorogan yang awalnya guru membacakan kemudian santri disuruh maju kedepan satu persatu, kemudian disitulah guru tersebut mengetahui jika ada kesalahan yang dibaca oleh santri dan santri bisa membacanya lagi dengan sangat baik. Berdasarkan pembahasan metode sorogan ini, santri yang awalnya belum mampu membaca kitab Fathul Qarib kemudian dengan metode sorogan santri mampu membacanya dengan baik dan benar. Ini bukti kelebihan dari metode sorogan tersebut. Sedangkan bagi santri yang belum mampu membaca kitab, pengurus mengupayakan menambah jam belajar santri atau les membaca kitab Fathul Qarib tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdi Masluch Afandi, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 13 Aug 2018 12:46
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item