Hubungan self-monitoring dengan pembelian impulsif pada mahasiswa pengguna instagram

Kiswa Kamiliya, 201469110029 (2018) Hubungan self-monitoring dengan pembelian impulsif pada mahasiswa pengguna instagram. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1 LATAR BELAKANG..pdf)
BAB 1 LATAR BELAKANG..pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI.pdf)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METPENNNNNNNNNNNNNNNNNN.pdf)
BAB III METPENNNNNNNNNNNNNNNNNN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV Skripi Kiswah.pdf)
Bab IV Skripi Kiswah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V kesimpulan.pdf)
BAB V kesimpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (COVER-KATA PENGANTAR.pdf)
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (545kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Konsumsi barang melalui online pada mahasiswi saat ini merupakan fenomena nyata yang terus hangat dibicarakan pada kalangan mahasiswi, salah satunya adalah media online instagram. Banyak mahasiswi yang melakukan transaksi belanja melalui media online tersebut. Namun, jika pembelian itu dilakukan hanya untuk memenuhi sebuah keinginan, belanja menjadi tidak wajar. Pembelian yang dilakukan tanpa rencana dan tiba-tiba merupakan pembelian impulsif. Berbagai trend yang terdapat di instagram juga akan membuat mahasiswi mempunyai self-monitoring atau berkecenderungan untuk merubah perilaku mereka sesuai trend yang sedang terjadi, sehingga hal tersebut akan mengakibatkan pembelian impulsif pada mahasiswi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-monitoring dengan pembelian impulsif pada mahasiswi pengguna instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self-monitoring dengan pembelian impulsif pada mahasiswi pengguna instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi UMM Malang yang berjumlah sekitar 3475 mahasiswi, dengan 100 responden yang dipilih dengan teknik acsidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skala self-monitoring terdiri dari 23 aitem valid, dengan koefisien korelasi product moment antara 0,307 sampai 0,558 dan skala aitem pembelian impulsif terdiri dari 32 aitem valid, dengan koevisien korelasi product moment antara 0,342 sampai 0,71. Uji korelasi menggunakan teknik analisis varians regresi satu prediktor. Hasil penelitian menunjukkan variabel self-monitoring berada dalam kategori sedang, sedangkan pembelian impulsif juga berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada hubungan self-monitoring dengan pembelian impulsif pada mahasiswi pengguna instagram diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi satu prediktor yang memperoleh data dengan koefisien korelasi sebesar Rxy = 0, 20248 dengan koefisien determinan sebesar 4,1% F tabel 5% pada frekuensi N = 100 sebesar 0,195. Hal ini menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara self-monitoring dengan pembelian impulsif. Pada perhitungan regresi dengan metode skor kasar juga diketahui Freg = 4,181 dengan F tabel 5% = 3,84. Dengan Freg sebesar 4,181 menunjukkan bahwa garis regresi signifikan. Sehingga self-monitoring juga dapat memprediksikan pembelian impulsif dengan kemampuan meramalkan sebesar 4,1%. Self-monitoring memiliki sumbangan sebesar 4,1% pada tingkat pembelian impulsif, sedangkan 95,9% kemungkinan dimiliki dari faktor lain, seperti karakteristik produk, karakteristik pemasaran, dan karakteristik situasional, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.83 KAM H
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDra. Estalita Kelly, M.Si, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 24 Sep 2018 12:03
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item