Self Regulation Dan Penyesuaian Diri Siswa

Maslahatun Nisai, 201469110038 (2018) Self Regulation Dan Penyesuaian Diri Siswa. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1. Cover.pdf)
1. Cover.pdf

Download (673kB)
[img] Text (2. BAB I.pdf)
2. BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text (3. BAB II.pdf)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (4. BAB III.pdf)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (5. BAB IV.pdf)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (6. BAB V.pdf)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (7. DAFPUS.pdf)
7. DAFPUS.pdf

Download (224kB)
[img] Text (8. LAMPIRAN.pdf)
8. LAMPIRAN.pdf

Download (717kB)

Abstract

MASLAHATUN NISAI. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 13 Maret 2018. Self Regulation dan Penyesuaian Diri Siswa. Komisi Pembimbing, Lailatuzzahro.A.A. S.Psi, M.Psi. Untuk dapat hidup dengan baik di lingkungan sosial, diperlukan kemampuan untuk menyesuaikan diri. Begitupun dengan siswa dalam masa remaja. Penyesuaian diri dapat dipengaruhi oleh self regulation. Self regulation merupakan aspek penting dalam menentukan perilaku seseorang. Self regulation dapat mencegah individu dari keadaan yang tidak sesuai, sehingga dapat mengarahkan kepribadian yang normal dan mampu mencapai pengendalian diri dan realisasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan self regulation dengan penyesuaian diri siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Prigen. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik quota sampling. Pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri, dengan koefisien validitas antara 0,307 sampai 0,747 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,929. Sedangkan skala self regulation, dengan koefisien validitas antara 0,302 sampai 0,682 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,902. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesa yang menyatakan ada hubungan self regulation dengan penyesuaian diri siswa diterima pada taraf signifikansi 1%, dimana rxy sebesar 0,776 lebih besar dari r tabel 1% sebesar 0,286. Dengan demikian semakin tinggi self regulation siswa, maka semakin tinggi penyesuaian diri siswa. Begitupun sebaliknya, semakin rendah self regulation siswa, maka semakin rendah penyesuaian diri siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 155.2 NIS S
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLailatuzzahro Al-Akhda Aulia, S.Psi.,M.Psi, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 03 Nov 2018 15:00
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item