hubungan kecerdasan emosi dengan kepemimpinan siswa

Ninik Mabruroh, 201469110019 (2018) hubungan kecerdasan emosi dengan kepemimpinan siswa. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (824kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Rendahnya jiwa kepemimpinan ditunjukkan dengan adanya pemimpin tidak berjalan sesuai yang di harapkan. Fenomena yang menunjukkan bahwa dari beberapa pemimpin yang bertindak diluar ketentuan. Bertindak semaunya sendiri tanpa persetujuan kelompok, kurang adil dalam kelompok, terlalu membeda-bedakan bawahanya, dan sering menyuruh bawahan melakukan suatu pekerjan tetapi tidak ikut serta. Rendahnya jiwa kepemimpinan terlihat dari tindakan yang tidak sesuai terhadap perintahnya. Seorang pemimpin yang memiliki kecerdasan emosi yang tinggi mampu mengendalikan emosi, memiliki kasih sayang serta mampu membaca perasaan orang lain. Sehingga pemimpin tersebut mampu mengambil keputusan secara tegas dengan memprtimbangkan nasib rakyat dan mengutamakan kepentingan nasional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan kepemimpinan siswa. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan kepemimpinan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.125 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 35 siswa. Subjek pada penelitian ini berjumlah 35 siswa yang bertanggung jawab sebagai ketua kelas di SMA Maarif NU Pandaan. Pengumpulan data dengan menggunakan skala yakni skala kepemimpinan yang berisikan 27 aitem pe yataan dan skala kecerdasan emosi yang berisikan 30 aitem pe yataan. Hasil penelitian menjelaskan bahwasannya perhitungan korelasi dari r-teoritik didapatkan r tab 5% pada frekuensi N = 35 sebesar = 0,334, karena harga rxy lebih besar dari r tab 5% sebesar = 0,352242, maka korelasi tersebut signifikan antara kecerdasan emosi dengan kepemimpinan. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat dinyatakan bahwasannya hipotesis yang di ajukan oleh peneliti yang menyatakan “ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan kepemimpinan siswa,diterima�. Dalam hal ini semakin tinggi kecerdasan emosi siswa maka semakain tinggi pula kepemimpinan siswa. Begitupun sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional siswa maka akan semakin rendah pula kepemimpinan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 152.4 MAB H
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDrs. Abdul Amin, S.Psi., M.Psi, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 21 Nov 2018 11:55
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item