PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK GALON AIR MINERAL 19 L DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA

Afrizal Arif, 201469030067 (2018) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK GALON AIR MINERAL 19 L DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (976kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text (Lampiran Lampiran.pdf)
Lampiran Lampiran.pdf

Download (536kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah belum adanya pengendalian kualitas produk yang digunakan untuk mengurangi jumlah produk cacat selama proses produksi. Six sigma merupakan sebuah metode perbaikan kualitas berbasis statistik, dimana prinsip dari metode ini yaitu perbaikan secara terus-menerus (Continuous Improvement) dengan menggunakan alat statistik dan problem solving tools. Pada penelitian ini, peneliti menerapkan metode six sigma yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan sebagai metode pengendalian kualitas produk. Pada tahap measure melalui perhitungan rata-rata ketidak sesuaian produk, diketahui bahwa produk yang mengalami tingkat kecacatan terbesar perusahaan adalah kotor hitam, dengan nilai rata-rata sebesar 0,0285 dan nilai sigma 3,2. Pada tahap berikutnya yaitu tahap analyze melalui perhitungan dengan menggunakan diagram pareto, diketahui jenis cacat produk yang dominan adalah kotor hitam (65%) dan sisanya adalah kotor die head (2%) mulut anamdel (1%) bottom melipat (1%). Pada tahap yang sama melalui perhitungan dengan menggunakan diagram sebab akibat, diketahui faktor-faktor yang secara berurutan merupakan penyebab cacat produk terdapat 5 faktor, yaitu manusia, material, metode, mesin dan lingkungan. Usulan-usulan perbaikan yang disusun oleh peneliti menjadi pertimbangan dalam melakukan perbaikan yang dapat berguna mengurangi jumlah produk cacat atau reject pada produk gallon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.4013 ARI P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorM Hermansyah, ST., MM., MT, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Date Deposited: 14 Aug 2018 09:56
Last Modified: 02 Mar 2022 06:28
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item