Implementasi Metode Pembelajaran Field Trip Dalam Menanamkan Pendidikan Akhlakul Karimah Pada Siswa Raodhotul Atfal Di Ar-Rohmany Wonorejo Pasuruan

NUR IMAMA JAMIL, 201986010028 (2023) Implementasi Metode Pembelajaran Field Trip Dalam Menanamkan Pendidikan Akhlakul Karimah Pada Siswa Raodhotul Atfal Di Ar-Rohmany Wonorejo Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (Abstrak.pdf)
201986010028_Abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB%20%20I.pdf)
201986010028_BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB%20%20II.pdf)
201986010028_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20%20III.pdf)
201986010028_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20%20IV.pdf)
201986010028_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20%20V.pdf)
201986010028_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20%20VI.pdf)
201986010028_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar%20Pustaka.pdf)
201986010028_Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB)

Abstract

Lembaga RA ar-Rohmany adalah Lembaga yang ada di Wonorejo yang mempunyai program khusus pembiasaan akhlakul karimah di sekolah sejak tahun 2002. Model dan metode pengajaran yang digunakan adalah model ceramah yang kurang efektif dalam mendorong sikap moral yang baik bagi siswa di sekolah maupun diluar sekolah dalam kefahaman tanpa disertai praktek. Rendahnya Pendidikan akhlakul karimah siswa semakin tidak mengetahui pentingnya nilai akhlakul karimah dalam proses perkembangan menuju kepribadian yang baik. Hal ini dapat dijelaskan dalam fokus penelitian (1) bagaimana implementasi metode pembelajran field trip dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa raudhatul atfal, (2) bagaimana nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa raudhatul atfal dengan menggunakan metode field trip. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman dalam mengajarkan nilai-nilai Akhlakul karimah. yang meliputi: akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia (diri sendiri, orang tua/keluarga, masyarakat) dan akhlak kepada lingkungan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang memfokuskan secara intensif pada objek kajian tertentu seperti kasus. Teknik pengumpulan penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penanaman nilai akhlakul karimah dengan pendekatan berbasis metode memiliki signifikansi yang tinggi pada penanaman nilai-nilai akhlakul karimah siswa. Hal ini didasarkan pada hasil observasi meliputi: a) perencanaan metode dengan observasi langsung, menentukan objek, menyusun RPP dan menyaipkan perlengkapan pembelajaran. b) pelaksanaan metode dengan adanya kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. c) evaluasi metode pemeblajaran. Selain itu siswa dapat menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dengan a) akhlak kepada Allah, b) akhlak kepada sesame manusia yang meliputi akhlak kepada diri sendiri, kelurga, masyarakat, c) akhlak kepada lingkungan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa tingkat efektifitas menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada siswa sangat efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 JAM I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammada, M.PdI, ㅤUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 03 Oct 2023 10:41
Last Modified: 22 May 2024 06:09
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

View Item View Item