Strategi Pembelajaran Diferensiasi Pada Pembelajaran Pai Siswa Kelas X Berdasarkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Di SMA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan)

MAR’ATUS SHOLIHA, 201986010034 (2023) Strategi Pembelajaran Diferensiasi Pada Pembelajaran Pai Siswa Kelas X Berdasarkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Di SMA Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (Abstrak.pdf)
201986010034_Abstrak.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB%20I.pdf)
201986010034_BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text (BAB%20II.pdf)
201986010034_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20III.pdf)
201986010034_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20IV.pdf)
201986010034_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20V.pdf)
201986010034_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20VI.pdf)
201986010034_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar%20Pustaka.pdf)
201986010034_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

Banyaknya peserta didik kelas X di SMA Darut Taqwa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan model pembelajaran yang kurang maksimal. Yang dalam hal ini bisa diatasi dengan penerapan pembelajaran diferensiasi sebagai model pembelajaran yang lebih mengutamakan kepentingan siswa dalam hal minat belajar siswa dan apa yang disukai siswa yang dapat menjadikan kelas lebih aktif pada saat proses pembelajaran.Fokus penelitian yang dimaksud peneliti yakni 1) strategi yang diterapkan dalam pembelajaran diferensiasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X, 2) Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan dalam penerapan pembelajaran diferensiasi pada siswa kelas X SMA Darut Taqwa Purwosari. Dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan pembelajaran diferensiasi pada siswa kelas X SMA Darut Taqwa Purwosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif. Data dan sumber data yang digunakan berupa data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan Reduksi, Penyajian data, dan Pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa; 1) strategi yang diterapkan dalam pembelajaran diferensiasi ini berdasarkan diferensiasi konten (materi bab zina) proses (menggunakan strategi model pembelajaran problem solving dengan membuat ilustrasi nama samaran), dan produk (peserta didik mampu dan berani berkata jujur dalam permasalahan yang dihadapi). Serta pembelajaran diferensiasi ini sangat efektif digunakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darut Taqwa Purwosari. 2) kendala pembelajaran diferensiasi yang dihadapi pendidik salah satunya adalah guru harus mampu mengetahui berbagai karakteristik peserta didik, dan harus menggunakan berbagai sumber belajar yang bervariasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya penerapan pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darut Taqwa Purwosari kelas X.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SHO S
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuqi, S.PdI., M.Ag, ㅤUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 04 Sep 2023 11:07
Last Modified: 22 May 2024 06:09
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item View Item