Peran Pembimbing Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri Asrama P Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan

ANANDA VIBRA WIDIYASTUTI, 201986010040 (2023) Peran Pembimbing Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri Asrama P Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (Abstrak.pdf)
201986010040_Abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB%20I.pdf)
201986010040_BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB%20II.pdf)
201986010040_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20III.pdf)
201986010040_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20IV.pdf)
201986010040_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20V.pdf)
201986010040_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20VI.pdf)
201986010040_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar%20Pustaka.pdf)
201986010040_Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di asrama P pondok pesantren ngalah dimana santri kurang memiliki karakter mandiri santri, kemudian pembimbing di asrama P berperan berupaya melakukan pembentukan karakter mandiri santri, sehingga menarik peneliti untuk mengkaji dan melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mendeskripsikan peran pembimbing dalam membentuk karakter mandiri santri Asrama P Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan. Kedua mendeskripsikan dampak peran pembimbing dalam pembentukan karakter mandiri santri Asrama P di Pondok Pesantren Ngalah. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus di Asrama P Pondok Pesantren Ngalah. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan wawancara, kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, Penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah pembimbing memiliki tiga peran utama, yakni pertama sebagai teladan para santri dalam memahami nilai-nilai positif seperti kepedulian, tanggung jawab dengan mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari, kedua pembimbing sebagai sumber belajar, karena mereka menjalankan aktivitas mengajar mengaji, sosialisasi tentang praktek sholat, praktek wudhu dan pemahaman pada pelajaran-pelajaran yang ada di pondok pesantren. Ketiga pembimbing sebagai motivator sehingga santri menjadi semangat untuk memiliki karakter positif. Dampak dari peran pembimbing adalah santri telah memiliki nilai-nilai karakter positif seperti kepedulian terhadap lingkungan, tanggung jawab atas tugas dan kewajiban seperti mengatur waktu belajar, bermain, beribadah, terbentuknya karakter mandiri dalam kegiatan sehari-hari, serta terbentuknya spiritual santri yang semakin mantap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.77 WID P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Nur Hadi, S.Ag., M.Pd, ㅤUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 10 Oct 2023 15:39
Last Modified: 22 May 2024 06:09
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item