PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SISWA

Nuliatu Nurul, 201686010004 (2020) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SISWA. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010004_BAB I.pdf

Download (523kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010004_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010004_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010004_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010004_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010004_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010004_COVER DEPAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Di samping, pendidikan sebagai bagian dari kebudayaan merupakan sarana penerus nilai-nilai dan gagasan-gagasan sehingga setiap orang mampu berperan serta dalam transformasi nilai demi kemajuan bangsa dan Negara. Ada pula yang jadi tujuan dalam riset ini merupakanbuat mengenali lebih jauh menimpa "" Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MIMiftahul Ulum Sekarmojo Purwosari Pasuruan"" Studi ini mengenakan tata metode eksprerimen dengan desain riset pretest. Populasi dalam studi ini ialah partisipan didik adrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 135 orang. Ilustrasi dalam studi ini ialah kelas V yang berjumlah 30 yang diambil ilutrasi 10 orang. Instrumen studi yang digunakan dalam studi ini ialah test. Tata cara analisis informasi mengenakan uji-t. Bersumber pada perhitungan pretest, dikenal kalau nilai paling tertinggi yang sukses diperoleh peserta didik pada kelompok eksperimen adalah 80 dan nilai terendah yang diperoleh adalah 40. Nilai rata-rata yang berhasil diperoleh peserta didik kelas eksperimen adalah 75,80 dan standart deviasi sebesar 60. Berdasarkan hasil belajar post test pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan metode role playig dapat diperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55. Dan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 90,95 dan standart deviasi 75.Berdasarkan output “Test Statistik”, diketahui Asymp.Sig, (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, hingga bisa disimpulkan kalauHipotesis diterima. Maksudnya terdapat perbandingan antara hasil belajar Aqidah Akhlaq buat Pre Test serta Post Test, sehingga bisa disimpulkan pula kalau “ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum"".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAskhabul Kirom, S.PdI., M.Ag., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 22 Dec 2020 07:15
Last Modified: 02 Mar 2022 06:29
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item