Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu ‘Athaillah Dalam Kitab al-Hikam

Muhammad Nur Hasan, 201686010044 (2020) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Ibnu ‘Athaillah Dalam Kitab al-Hikam. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010044_BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010044_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010044_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010044_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010044_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010044_COVER DEPAN.pdf

Download (532kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010044_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Akhlak merupakan bagian terpenting dalam agama Islam. al-Hikam merupakan sebuah buku/kitab karya Syaikh al-arif bilah Abi Fadhil Tajuddin Ahmad bin Muhammad bin Abdul Karim bin Athaillah al-Asakandary radhiyallahu anhu. Sebuah karya monumental yang beriskan nasihat yang diarahkan kebaikan budi pekerti. Peneliti ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana Biografi Ibnu Athaillah?, Bagaimana nilai-nilai pendidikan dalam terjemah kitab al-Hkam? Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research), yaitu meneliti secara mendalam mengenai terjemah kitab al-Hikam. Sumber data penelitian di sini berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan untuk menganalisis data yang ada penulis mengorganisir, memilih dan memilah untuk disintesiskan kemudian menemukan pola dan menyimpulkannya. Adapun metode analisis ini menggunakan metode analisis induktif dan deduktif. Setelah dilakukan peneltitian dengan pendekatan tersebut dapat diketahui bahwa Syaikh Ibnu Athaillah terlahir di kota Iskandariyah Mesir pada tahun 648 Hijriyah. Beliau adalah seorang ulama’ fiqh, muhaddis, dan ulama’ sufi yang berlatar teologi Asy’ariyah dan tarekat Syadzaliyah. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam dalam terjemah kitab al-Hikam yaitu meliputi: Nilai pendidikan akhlak kepada Allah Swt. (membahas tentang cara seorang hamba berakhlak kepada Allah), nilai akhlak kepada diri sendiri, (membahas mengenai pengendalian hawa nafsu untuk menghindari maksiat yang nyata maupun maksiat yang halus), dan nilai akhlak kepada sesama manusia (membahas mengenai cara memilih teman dalam suatu perkumpulan dan berperilaku baik kepada sesama manusia). Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam terjemah kitab al-Hikam masih sangat relevan dengan kehidupan masyarakat sekarang sebagai acuan berperilaku untuk menyikapi hal-hal kekinian yang didalamnya juga terdapat nilai-nilai diluar syariat dan kewajaran yang menimbulkan kemerosotan akhlak dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Saifulah, M.HI., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 15 Sep 2020 10:54
Last Modified: 02 Mar 2022 06:29
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item