Analisis Saluran Pemasaran Kentang Di Desa Tosari Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan

Ilfi Nur Diana, 201669070004 (2020) Analisis Saluran Pemasaran Kentang Di Desa Tosari Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201669070004_BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201669070004_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201669070004_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201669070004_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201669070004_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201669070004_COVER DEPAN.pdf

Download (812kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201669070004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201669070004_LAMPIRAN.pdf

Download (558kB)

Abstract

Kebutuhan konsumsi kentang dalam negeri dinilai terus meningkat, baik kentang untuk konsumsi pangan maupun untuk produk olahannya. Permintaan kentang yang selalu meningkat dari tahun ketahun merupakan sebuah peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi petani baik dari kualitas dan kuantitas yang diharapkan konsumen. permasalahan yang dihadapi petani yaitu ketidakstabilan harga disaat terjadi panen raya dan saluran pemasaran yang belum efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis saluran pemasaran, lembaga pemasaran, dan fungsi-fungsi pemasaran yang terbentuk di Desa Tosari, 2) untuk menganalisis efisiensi pemasaran kentang di Desa Tosari ditinjau dari pendekatan margin pemasaran, farmer’s share, dan juga rasio keuntungan terhadap biaya. Lokasi penelitian yang dilakukan yaitu di desa Tosari Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan bahwa Desa Tosari adalah salah satu desa yang penghasil kentang terbanyak saat panen. pada kajian ini peneliti menggunakan metode snowball sampling. dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat lebih dari satu saluran pemasaran, 2) di saluran pemasaran I tidak terdapat margin karena tidak melibatkan lembaga pemasaran, sedangkan pada saluran pemasaran ke II memiliki margin yang lebih besar dibandingkan dengan saluran pemasaran ke III yakni Rp. 2.500 dam margin pada saluran pemasaran ke III yakni Rp. 1.500, 3) pada penelitian yang dilakukan di Desa Tosari Kecamatan Tosari saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran pemasaran yang I, hal tersebut dapat dilihat dari nilai margin yang paling kecil yakni Rp. 0 dan share tertinggi yakni 100, di bandingkan dengan saluran pemasaran ke II yakni margin Rp. 2.500 dengan nilai share 87,5 dan saluran pemasaran ke III dengan margin Rp. 1.500 dengan share terkecil yakni sebesar 14,92.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.83 DIA A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesy Cahyaning Utami, SP.,MP, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Date Deposited: 27 Oct 2020 08:32
Last Modified: 02 Mar 2022 06:31
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item