PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Studi kasus di SMA Maarif Sukorejo Pasuruan

Winda Sari, 201686010012 (2020) PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Studi kasus di SMA Maarif Sukorejo Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010012_BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010012_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010012_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010012_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010012_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010012_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010012_COVER DEPAN.pdf

Download (742kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010012_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Saat ini masih banyak kita temui guru yang hanya memakai metode pembelajaran konvensional, guru hanya bertitik pada metode ceramah saja. Oleh karena itu, dalam rangka membantu guru dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran, peneliti ingin menggunakan metode cooperative script pada mata pelajaran PAI. Hal ini ditujukan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami mata pelajaran PAI, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil ruang lingkup Pendidikan Agama Islam, karena di SMA Ma'arif Sukorejo belum pe ah menggunakan metode cooperative script dalam proses pembelajarannya. Maka dari itu, peneliti mencoba dan bereksperimen menggunakan metode tersebut. Dalam hal ini peneliti berharap dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Ma'arif Sukorejo. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti dapat merumuskan apakah ada pengaruh dari hasil sebelum dan sesudah menggunakan metode cooperative script pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA Ma'arif Sukorejo? Adapun metode penelitian ini adalah pre-experimental, yakni dengan menggunakan the one group pretest-posttest design. artinya tes ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas dan menggunakan tes sebelum dan sesudah menggunakan metode cooperative script. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang berjumlah 20 soal pilihan ganda. data kuantitatif dianalisis dengan perhitungan statistik nilai pretest dan posttest serta menguji nilai tersebut dengan Uji Paired-Sampels T-tes dalam perhitungan SPSS versi 16.0.Berdasarkan data yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa Dari hasil uji paired sample test didapat hasil sig (2-tailed) yaitu 0,000 dan diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SAR I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAskhabul Kirom, S.PdI., M.Ag., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 15 Sep 2020 09:49
Last Modified: 02 Mar 2022 06:33
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item