PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN JATIGUNTING II WONOREJO PASURUAN

Ririn Ariska, 201686010058 (2020) PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN JATIGUNTING II WONOREJO PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010058_BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010058_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010058_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010058_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010058_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010058_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010058_COVER DEPAN.pdf

Download (467kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010058_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

Rendahnya kualitas pembelajaran merupakan salah satu permasalahan yang di hadapi dunia pendidikan sekarang ini, seperti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada proses pembelajaran pendidikan agama yang terjadi biasanya bersifat seadanya, formalitas, rutinitas, dan kurang bermakna. Dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama adalah dengan memperbaiki kualitas pembelajaran, yaitu melalui metode Active LEARNING. Seorang Guru dalam rangka mengoptimalkan proses belajar mengajar adalah sebagai fasilitator, yang mampu mengembangkan kemauan belajar anak, mengembangkan kondisi belajar yang relevan agar tercipta suasana belajar secara wajar dengan penuh gembira dan bisa mengadakan pembatasan positif terhadap dirinya sebagai seorang pendidik. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah metode Active LEARNING. Berdasarkan pemikiran di atas maka penulis1tertarik1untuk1mengadakan penelitian1mengenai1“Penerapan Metode Active LEARNING Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di SDN Jatigunting II Wonorejo Kabupaten Pasuruan�. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode Active LEARNING dalam meningkatkan kualitas pembelajaraan Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Jatigunting II Wonorejo, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode Active LEARNING dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Jatigunting II Wonorejo Kabupaten Pasuruan 2) Bagaimana Hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan metode Active LEARNING di SDN Jatigunting II Wonorejo kabupaten pasuruan. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode1Active1LEARNING dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Jatigunting II Wonorejo Pasuruan memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran, khususnya materi Pendidikan1Agama Islam melalui diskusi kelompok ataupun debat, juga dapat meningkatkan prestasi siswa, Jadi bukan hanya pendidik saja yang aktif, akan tetapi siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran. Jadi secara garis besar siswa sangat berpengaru terhadap penerapan metode Active LEARNING dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan berpengaruh terhadap tujuan Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ARI P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 26 Nov 2020 09:29
Last Modified: 02 Mar 2022 06:33
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item