Siti Zainab Choirun Nisa’, 201686010030 (2020) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI KALONG (STUDI KASUS SANTRI DI PONDOK PESANTREN NGALAH). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686010030_BAB I.pdf Download (698kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686010030_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686010030_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686010030_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686010030_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201686010030_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010030_COVER DEPAN.pdf Download (834kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010030_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
Abstract
Pondok Pesantren mempunyai peran penting dalam pembentukan akhlak santri serta mencetak lulusan santri sebagai insan yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia dan mengikuti ajaran-ajaan Nabi Muhammad SAW. Peran Pondok Pesantren Ngalah dalam membentuk akhlak Santri Kalong telah dilakukan baik melalui Madrasah Diniyah maupun kegiatan majelis ta'lim rutinan seninan. Adapun focus dalam penelitian ini adalah, 1. Bagaimana peran pondok pesantren dalam membentuk akhlak Santri Kalong?, 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren dalam membentuk akhlak santri kalong?. Sedangkan tujuan penelitian ini, 1. Mendiskripsikan peran pondok pesantren dalam membentuk akhlak Santri Kalong, 2. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren dalam membentuk akhlak santri kalong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan terjun lapangan, data yang diperlukan: data primer dan data sekunder. proses prosedur pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu: analisis sebelum ke lapangan dan analisis selama di lapangan: reduksi data (Data Reduction) dan penyajian data (Data Display). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan akhlak santri kalong bisa dilakukan melalui pengkajian-pengkajian dari sang guru dan melihat perilaku baik dari lingkungan sekitar. Proses pembentukan akhlak santri kalong ini bertujuan untuk membentuk aspek kepribadian baik, berakhlak mulia dan sholeh maupun sholehah baik tutur kata, motoric, dan gaya hidup sehari-hari. Ibadah serta materil amaliahnya yang sudah diserap digunakan untuk memperbaiki akhlak santri kalong sehingga tumbuh kesadaran dalam diri santri untuk jujur dan disiplin baik dalam ucapan maupun perbuatan. Adapun factor penghambat proses pembentukan akhlak santri kalong ini bisa berupa faktor keluarga yang kurang baik, kesadaran santri itu sendiri, dan juga lingkungan sekitar. Sedangkan factor pendukung proses pembentukan akhlak santri kalong adalah dari lingkungan keluarga dan masyarakat yang baik serta dengan adanya kegiatan-kegiatan yang mendukung seperti adanya kegiatan pengajian umum yang bisa memberikan motivasi bagi mereka
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.77 NIS P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2020 15:25 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:33 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/635 |
Actions (login required)
View Item |