METODE LISTENING TEAM MELVIN L. SILBERMAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Cahyati Khasani, 201686010007 (2020) METODE LISTENING TEAM MELVIN L. SILBERMAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010007_BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010007_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010007_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010007_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010007_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010007_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010007_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010007_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penggunaan metode yang terlalu monoton serta kurang bervariasi akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Sebaliknya ketika seorang guru menggunakan metode yang bervariasi serta menyenangkan, maka mampu mengembangkan pengetahuan peserta didik secara optimal. Menurut beberapa pakar pendidikan salah satu metode yang dapat mengembangkan pengetahuan siswa yakni metode listening team. Metode pembelajaran ini di tawarkan oleh Melvin L Silberman dalam bukunya active LEARNING yang memuat 101 model strategi pembelajaran aktif diantaranya metode pembelajaran Listening team. Dalam penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan yakni: “Bagaimana Latar Belakang Pendidikan Melvin L. Silberman dan Bagaimana Metode Listening Team Perspektif Melvin L. Silberman Dalam Pendidikan Agama Islam.� Sedangkan tujuan penelitiannya adalah memberikan gambaran yang jelas tentang latar belakang pendidikan Melvin L. Silberman dan menjelaskan metode listening team menurut Melvin L. Silberman Dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (Library Research) dan jenis penelitiannya yang dilakukan yakni deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan ada dua, sumber primer yaitu buku Active LEARNING Karya Melvin L. Silberman, dan sumber sekunder yaitu ju al, skripsi dan buku-buku yang membahas tentang metode listening team. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan studi dokumen, dan selanjutnya dalam analisis data menggunakan analisis isi (Contant analysis). Hasil penelitian ini ada dua, yaitu: 1. Melvin L. Silberman adalah dosen di Temple University, dari pekerjaannya dibidang pendidikan, selama 25 Tahun ia mendapatkan pengalaman menyenangkan bekerja dengan guru-guru pra-bakti dan bakti disemua jenjang pendidikan. Ia mampu menciptakan metode Active LEARNING untuk membuat belajar aktif. Menciptakan beberapa metode yang dibantu oleh teman-temannya serta mahasiswa di Temple Universty salah satunya yakni listening team. 2. Menurut Melvin L. Silberman listening team atau tim pendengar adalah aktifitas yang merupakan cara untuk membantu siswa agar tetap focus dan jeli selama berlangsungnya pengajaran berbasis ceramah. Tim pendengar adalah kelompok-kelompok kecil yang bertanggung jawab untuk mengklarifikasi materi pelajaran. Metode listening team merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk berpikir kritis, yang setiap kelompoknya memiliki tugas yang berbeda, ada tim penanya, tim penyetuju, tim pembantah dan tim pemberi contoh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 KHA M
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad Ma'ruf, S.PdI., M,PdI., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 11 Nov 2020 07:49
Last Modified: 02 Mar 2022 06:33
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item